Find Us On Social Media :

Canggih! Fitur Premium Super Duolingo Bakal Adopsi Teknologi AI GPT-4

By Adam Rizal, Jumat, 7 Juli 2023 | 09:30 WIB

Fitur Super Duolingo Kini Tersedia untuk Pengguna Aplikasi Duolingo di Seluruh Asia Tenggara, Termasuk Indonesia.

Aplikasi belajar bahasa asing Duolingo, resmi meluncurkan fitur premium terbarunya ‘Super Duolingo’ ke seluruh penggunanya di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Super Duolingo menggantikan Duolingo Plus dan menghadirkan tampilan yang lebih segar dengan Duo, burung hantu yang merupakan maskot berwarna hijau cerah pada aplikasi, berubah menjadi Super Duo dan memiliki skema warna berkilau dengan gradasi warna hijau, biru, dan pink.

Duolingo juga melihat perkembangan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang masif saat ini, menyusul meroketnya popularitas ChatGPT, Chatbot AI milik Open AI. Tak hanya sebagai penonton, Duolingo juga akan memasang teknologi AI GPT-4 ke dalam Super Duolingo.

Uriel Kejsefman (Senior Product Manager Duolingo) mengatakan Duolingo berkomitmen untuk selalu meningkatkan dan berinovasi serta membuat pembelajaran bahasa menjadi mudah diakses, efektif, dan menyenangkan bagi semua pengguna. Duolingo memiliki ratusan eksperimen setiap tahunnya dan akan terus memperluas kursus bahasa, mengembangkan fitur pembelajaran baru, meningkatkan teknologi pengenalan suara, menggabungkan elemen gamifikasi dan keterlibatan.

"Salah satu rencana pengembangan masa depan kami yang paling menarik adalah memperluas penggunaan AI. Duolingo adalah salah satu mitra pertama OpenAI, pencipta ChatGPT, lompatan teknologi terbaru dalam AI. Selama sekitar satu tahun, kami telah menggunakan GPT-4 untuk meningkatkan pengalaman Duolingo dalam berbagai hal, termasuk membuat langganan baru (Max) yang benar-benar akan mengubah pengalaman para pelajar kami," ucapnya.

AI Gantikan Guru

Uriel menyadari potensi teknologi AI, seperti ChatGPT, untuk merevolusi pendidikan. Namun, alih-alih menggantikan guru, Duolingo melihat AI sebagai alat untuk melengkapi dan meningkatkan peran mereka.

"Chatbot AI dapat memberikan umpan balik instan dan pengalaman belajar yang dipersonalisasi, guru membawa keahlian, empati, dan hubungan manusiawi ke dalam kelas," katanya.

Duolingo percaya bahwa dengan menggabungkan kekuatan AI dan tenaga pengajar manusia dapat menciptakan lingkungan belajar yang holistik dan berdampak. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan pengalaman belajar dan mendukung guru dalam memberikan bimbingan dan dukungan yang dipersonalisasi kepada siswa.

Haina Xiang (Regional Marketing Director Duolingo for APAC Region)

Mengapa Super Duolingo?

Kehadiran Super Duolingo memperkuat strategi Duolingo untuk meningkatkan keterlibatan dan pembelajaran. Selain itu, Super memberikan pengalaman "tak terbatas" yang meningkatkan keterlibatan dan kualitas pembelajaran di aplikasi.