Find Us On Social Media :

Begini Cara ChatGPT & Digital Twin Dukung Ajang Tour de France 2023

By Liana Threestayanti, Jumat, 7 Juli 2023 | 15:00 WIB

Kejuaraan balap sepeda Tour de France dan Tour de France Femmes avec Zwift 2023, mengintegrasikan ChatGPT dalam teknologi “digital human”.

Kejuaraan balap sepeda paling prestisius di dunia, Tour de France dan Tour de France Femmes avec Zwift 2023, mengintegrasikan ChatGPT dalam teknologi “digital human”. 

Sebagai mitra teknologi ajang internasional ini, NTT menerapkan teknologi terkini, berupa replika digital (digital twin) dan ChatGPT berbasis artificial intelligence yang dikembangkan  NTT. Teknologi-teknologi ini berperan penting pada dua kejuaraan balap sepeda tersebut. 

Baca juga: Tour de France Gunakan Aneka Teknologi Canggih, Termasuk ChatGPT

Dalam konteks Tour de France 2023, NTT membuat replika digital yang menyeluruh dari rute balapan, lintasan, dan aspek penting lainnya. Replika digital memungkinkan pemantauan real-time yang sangat detail dan analisis yang mendalam terhadap kondisi balapan, termasuk topografi, cuaca, kecepatan, dan performa peserta. Menurut NTT, cara ini membantu para pengambil keputusan dalam tim balap dan penyelenggara untuk membuat strategi yang lebih baik dan mengoptimalkan hasil balapan.

Sementara itu, ChatGPT berbasis AI NTT merupakan sistem percakapan berbasis kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh NTT. Dalam Tour de France 2023, ChatGPT digunakan dalam solusi replika digital yang memungkinkan interaksi dan komunikasi dengan para penggemar balapan. 

Dengan menggunakan natural language processing dan machine learning, ChatGPT mampu memahami pertanyaan dan permintaan pengguna, memberikan informasi balapan yang relevan, mengakses detail rinci mengenai tim dan peserta, dan memberikan update langsung selama acara berlangsung. ChatGPT juga dapat memberikan prediksi dan analisis balapan berdasarkan data real-time, memberikan pengalaman interaktif yang lebih mendalam bagi para penggemar.

"Kombinasi IoT dan edge menghadirkan keunggulan operasional baru dan yang tidak dapat terwujud jika dijalankan secara terpisah. Menangkap, memproses, dan menganalisis data bersamaan dengan kombinasi teknologi ini sangat penting untuk mengubah setiap sepeda menjadi 'digital twin' yang merepresentasikan konsep komputasi edge dalam konteks praktis," ujar Shahid Ahmed, Group EVP, New Ventures and Innovation di NTT Ltd.

Shahid menjelaskan, dengan adanya Digital Twin dan ChatGPT berbasis AI NTT pada Tour de France 2023, penggemar balap sepeda dapat lebih terlibat dan terinformasi tentang balapan. Penggemar akan memperoleh data dan informasi yang akurat, mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang strategi dan performa peserta, serta merasakan pengalaman interaktif yang lebih kaya selama acara berlangsung.

"Setelah bekerja dengan NTT selama sembilan tahun terakhir, kami telah menghimpun data menjadi aset bernilai yang dapat menganalis balapan lebih baik bagi publik, lebih melibatkan para penggemar kami, meningkatkan pengalaman penggemar, dan membantu mengatasi tantangan organisasi balapan kami," ungkap Julien Goupil, Head of Partnerships & Media Amaury Sport Organisation (A.S.O.). 

Baca juga: Untuk Pertama Kalinya Sejak Dirilis, Traffic Web ChatGPT Turun

Baca juga: Alasan OpenAI Hentikan Sementara Integrasi Bing Search ke ChatGPT