Find Us On Social Media :

Bingung Cara Mendapatkan Jawaban Terbaik dari ChatGPT? Ini Tipsnya

By Rafki Fachrizal, Jumat, 7 Juli 2023 | 19:45 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Munculnya ChatGPT telah menggemparkan dunia. Tool (alat) berbasis AI (artificial intelligence) buatan perusahaan OpenAI ini bahkan dianggap beberapa pihak sebagai kemajuan dari teknologi AI.

Banyak orang yang ingin sekali melihat cara kerja ChatGPT dan coba menggunakannya sendiri, tetapi beberapa orang mungkin memiliki pertanyaan tentang cara menggunakannya.

Nah berikut ini adalah lima tips dan contoh tentang cara menggunakan ChatGPT untuk mendapatkan hasil terbaik, sebagaimana diungkapkan oleh pakar teknologi AI dan Co-founder Iterate.ai, Brian Sathianathan.

1. Berikan pertanyaan yang jelas dan ringkas yang membutuhkan jawaban spesifik

Untuk mendapatkan jawaban yang paling akurat dan sesuai, ketiklah pertanyaan yang jelas dan ringkas agar sistem AI di ChatGPT dapat memberikan jawaban terbaiknya.

Ilmu untuk memberikan pertanyaan yang paling tepat disebut "Prompt Engineering" karena sistem AI generatif menjadi arus utama, pengguna perlu mengembangkan keterampilan teknik prompt yang baik.

Contoh: "Buatlah garis besar tentang manfaat memulai bisnis sendiri. Prioritaskan ide-ide yang tidak umum."

2. Berikan konteks yang diperlukan dan berikan informasi sebanyak mungkin

Cara lain untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik adalah dengan memberikan konteks atau informasi yang ingin Anda sertakan dalam pertanyaan.

Hal ini memberikan ChatGPT kesempatan yang lebih baik untuk memberikan jawaban yang Anda inginkan.

ChatGPT bahkan dapat menghasilkan rencana perjalanan, yang akan lebih baik jika Anda menyertakan informasi spesifik tentang tujuan Anda.

Contoh: Buatlah rencana perjalanan untuk akhir pekan di Bali. Sertakan restoran dan bar populer serta hal-hal yang menyenangkan untuk dilakukan selama perjalanan akhir pekan selama 3 hari.

3. Jelajahi berbagai kemungkinan dari sistem dan coba berbagai petunjuk yang berbeda