Find Us On Social Media :

Tak Kalah Canggih, Ini Daftar Alternatif Chatbot AI Selain ChatGPT

By Adam Rizal, Senin, 10 Juli 2023 | 12:00 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Popularitas chatbot artificial intelligence (AI) terus meroket seiring kehadiran ChatGPT. ChatGPT memberikan pengalaman baru dibanding mesin pencari pada umumnya dan membuat perusahaan teknologi lainnya termasuk Google memperkenalkan layanan serupa Bard.

Dalam studi yang dilakukan Tidio, jumlah chatbot berbasis suara diperkirakan meningkat menjadi lebih dari 8 miliar pada 2023. Sementara itu, total penggunanya mencapai 1,5 miliar dan akan terus bertambah. Untungnya, ada banyak alternatif Chatbot AI selain ChatGPT

Adapun deretan chatbot selain ChatGPT adalah sebagai berikut.

1. Tidio

Forbes mempublikasikan deretan delapan chatbot terbaik per Juli 2023. Tidio berada di posisi teratas dengan tarif langganan USD19 atau setara Rp285.684 (kurs Rp15.036).

2. HubSpot

HubSpot berhasil berada di posisi kedua. HubSpot mampu menjawab pertanyaan yang diajukan untuk mengoptimasi bisnis dan memiliki tampilan web yang konsisten dan menarik.

3. Intercom

Intercom memberikan template email khusus hingga penargetan audiens menyesuaikan target bisnis. Untuk bisa menggunakannya, pengguna harus membayar tagihan setiap bulan sebesar US$74 atau Rp1,1 juta.

4. Drift

Drift membantu penjualan yang dilengkapi dengan manajemen strategi bisnis dan dukungan obrolan bersama pelanggan. Dengannya, segala aktivitas yang berhubungan dengan berkirim pesan, surat elektronik (email) dan berbagi video bisa sekaligus terintegrasi. Selain itu, Drift juga mampu mengatur jadwal rapat dengan bagian penjualan.

5. Salesforce Einstein