Find Us On Social Media :

Dorong Digitalisasi Perkeretaapian di APAC, Huawei Tawarkan Ini

By Liana Threestayanti, Kamis, 13 Juli 2023 | 15:11 WIB

Di ajang Asia Pacific Rail 2023, Huawei memamerkan solusi perkeretaapian cerdas masa depan sebagai bagian dari komitmen penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini untuk menghadirkan sistem perkeretaapian yang cerdas, efisien, dan berkelanjutan.

Di ajang Asia Pacific Rail 2023, Huawei memamerkan solusi perkeretaapian cerdas masa depan sebagai bagian dari komitmen penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini untuk menghadirkan sistem perkeretaapian yang cerdas, efisien, dan berkelanjutan. 

Pengembangan solusi cerdas ini dilakukan dalam rangka menjawab tantangan transportasi di kawasan yang sedang berkembang ini. Menjadi rumah bagi 4,2 miliar manusia (atau 61% dari populasi  global), kawasan Asia Pasifik (APAC)  tengah mengalami ekspansi dan urbanisasi dengan laju yang begitu pesat sehingga kebutuhan akan layanan transportasi yang lebih baik pun meningkat. 

Pada tahun 2030, belanja TI global untuk perkeretaapian diprediksi akan mencapai US$57,9 juta. Hal ini didorong oleh investasi besar-besaran untuk pembangunan rel kereta api di kawasan APAC.  

Di saat yang sama, sejumlah negara di kawasan ini juga mulai memanfaatkan berbagai solusi TIK  baru untuk menghadirkan layanan kereta api yang lebih aman, lebih ramah lingkungan, dan lebih efisien. 

"Dengan pengalaman selama 20 tahun di industri kereta api, khususnya sehubungan dengan  fokus kami saat ini pada transformasi digital, Huawei memiliki misi yang jelas dalam industri ini, yaitu untuk menyusun ulang koneksi, membangun ulang platform, dan menerapkan kecerdasan," tegas Xiang Xi, Vice President of Huawei Global Transportation BU dalam  pidatonya di ajang Asia Pacific Rail 2023. 

Xiang Xi menambahkan, bahwa di tengah pesatnya transformasi digital industri kereta api dalam beberapa tahun terakhir ini, Huawei berkomitmen untuk mendorong aspek keamanan dan efisiensi dalam operasional  dan pemeliharaan kereta api dengan memanfaatkan solusi TIK terbarunya. 

Solusi cerdas yang diusung Huawei meliputi teknologi data capture & analysis, autonomous systems, artificial intelligence (AI), machine learning, FRMCS, MSN, station network, storage, dan Internet of Things (IoT). 

Oleh Huawei, aneka teknologi tersebut dimanfaatkan untuk mentransformasi cara pengelolaan, penggunaan, dan perancangan sistem transportasi. Berbagai teknologi ini difokuskan pada integrasi antarmoda transportasi dan integrasi dengan berbagai aspek lain dalam masyarakat.

Steven Xiong, CTO of Rail Industry, Huawei  Enterprise BG, mengatakan, stasiun pintar adalah sebuah solusi inovatif yang dapat meningkatkan pengalaman  penumpang dan efisiensi operasional. Stasiun pintar dapat mengkonsolidasikan seluruh data dan informasi yang terkumpul melalui berbagai aplikasi di stasiun. 

“Sebagai fondasi dari sistem stasiun pintar ini, kami menggunakan infrastruktur TIK baru. Kita perlu menggantikan sistem TIK lawas  termasuk server, sistem penyimpanan dan jaringan, bahkan data dan lain-lain, dengan  platform digital berbasis cloud,” tegas Steven Xiong. 

“Saat ini, sebagian besar sistem perkeretaapian masih beroperasi menggunakan jaringan  nirkabel bandwidth sempit seperti GSM-R atau Tetra Radio untuk pemberangkatan kereta dan  pengiriman sinyal rel, padahal teknologi ini sudah ketinggalan zaman dan tidak dapat  mendukung persyaratan sistem perkeretaapian cerdas. FRMCS adalah jaringan komunikasi  nirkabel baru untuk perkeretaapian, memanfaatkan teknologi 4G yang berasal dari penyedia  layanan telekomunikasi untuk menyediakan konektivitas kereta api ke darat yang sangat andal  dan dengan bandwidth tinggi," papar Jackie Miao, Director of Huawei Asia Pacific  Enterprise Transportation Account Department. 

Dalam gelaran Asia Pacifc Rail 2023, Huawei juga menampilkan sejumlah best practice dan  solusi mutakhir untuk perkeretaapian, seperti backbone komunikasi IP dan pptik, yang  membentuk kerangka sistem perkeretaapian masa depan: Future Railway Mobile  Communication System atau FRMCS dan Wi-Fi 6, yang menyediakan koneksi pita lebar nirkabel antara kereta api dan darat;  Intelligent IT yang menghadirkan pengalaman kolaborasi baru dan sistem  penyimpanan canggih dengan teknologi terbaru Huawei untuk melawan ransomware; dan  Smart Station Solution untuk optimalisasi operasional dan pemeliharaan  serta pengalaman penumpang.