Find Us On Social Media :

Google Kembangkan Background Aplikasi Video Meet Berbasis AI

By Adam Rizal, Kamis, 20 Juli 2023 | 11:30 WIB

Google Meet

Google melalui Google Workspace Labs sedang mengembangkan background atau latar belakang layanan konferensi video Google Meet berbasis artificial intelligence (AI) generatif.

Ketika Anda mengetikkan background atau layar belakang, maka teknologi AI generatif akan menghadirkan pilihan latar belakang yang sesuai dengan tema tersebut.

Anda bisa menggunakan fitur Apply Vision Effects untuk mengubah backgroud jika saat konferensi video Google Meet sudah berlangsung

Hingga saat ini fitur Google Meet itu belum dirilis kepada publik. Namun jika Anda ingin mencobanya, maka pengguna bisa bergabung dengan program pengujian Workspace Labs.

Namun, jika Anda tertarik bergabung Workspace Labs maka Anda harus mematuhi kebijakan privasi Google Workspace Labs, salah satunya terkait dengan kesediaan memberikan data untuk diproses dan diakses oleh Google.

Pemanfaatan AI generatif memang tengah hangat-hangatnya dikerjakan oleh Google di berbagai layanannya termasuk untuk mendukung produktivitas lewat Google Workspace.

Fitur Pantau Peserta Telat

Saat ini Google Meet menjadi aplikasi video konferensi menarik yang sering dipakai pengguna karena menawarkan banyak kemudahan dan fitur menarik.

Kali ini Google menghadirkan fitur terbaru yang yang memungkinkan pengirim undangan rapat dapat melihat siapa saja anggota yang sudah diundang tetapi tidak hadir atau terlambat masuk ruang rapat online.

“Kami berharap fitur ini memudahkan Anda untuk memulai rapat secara efisien dengan menentukan dengan cepat siapa yang belum bergabung, serta mengirimkan notifikasi kepada mereka melalui fitur Chat langsung dari Google Meet,” kata Google seperti dikutip TechRadar.

Nantinya, fitur ini akan mencantumkan tulisan "Also Invited" kepada nama tamu yang belum hadir atau nama partisipan tersebut sudah diundang ke rapat, tetapi belum hadir. Fitur itu akan mempermudah pengirim undangan untuk mengetahui siapa saja tamu undangan telat ikut atau tidak hadir rapat online.

Pembaruan lainnya, Google juga akan menghadirkan siapa saja para peserta undangan yang bertatus RSVP sehingga pengirim undangan dapat mengetahui siapa saja peserta rapat yang kehadirannya dianggap “opsional”.