Find Us On Social Media :

Review Garmin Instinct 2X Solar: Makin Canggih untuk Para Petualang

By Dayu Akbar, Kamis, 20 Juli 2023 | 15:15 WIB

Garmin Instinct 2X Solar

Garmin menghadirkan smartwatch GPS varian baru untuk pecinta kegiatan outdoor melalui seri Instinct 2X Solar. Sesuai penamaannya, ini merupakan seri yang lebih baru dan lengkap dari sebelumnya, Instinct 2. Sebagai seri terbaru dari jajaran Instinct 2 Series, banyak penambahan fitur maupun fungsi yang tidak ada di seri sebelumnya sehingga tidak hanya cocok untuk aktivitas keseharian sampai olahraga, namun juga untuk berpetualang di alam bebas di berbagai kondisi cuaca.

Desain

Hal pertama yang berbeda dengan Instinct 2 adalah ukurannya. Bisa dibilang, Garmin Instinct 2X Solar merupakan versi lebih besar dibanding Instinct 2 Series lainnya. Jika dibanding Instinct 2 Series lainnya, Instinct 2X Solar punya diameter 50 mm, sementara Instinct 2S punya ukuran 40 mm dan Instinct 2 berukuran 45 mm. Dengan dimensi 50 x 50 x 14,5 mm membuatnya cocok untuk pergelangan tangan dengan lingkar 145-228 mm. Bobotnya juga lebih berat dibanding seri lainnya yaitu 67 gram. Namun hal ini tidak menjadi kendala dan tetap nyaman digunakan dalam waktu lama, bahkan saat tidur. Bobot yang lebih berat sendiri menurut kami makin menegaskan penggunaan material berkualitas.

Garmin Instinct 2X Solar tersedia dalam empat pilihan warna yaitu Graphite (seperti pada unit yang kami gunakan), Flame Red, Whitestone, dan Moss.

Bodi luar Instinct 2X Solar dilapisi bezel dan casing polimer dengan material kokoh yang telah mendapatkan sertifikasi US MIL-STD 810 yang merupakan standar pengujian militer Amerika Serikat. Artinya perangkat ini tahan terhadap temperatur ekstrim di dataran tinggi, tekanan udara rendah, terjatuh, terguling, guncangan berulang kali, karat akibat hujan atau debu, serta tahan air hingga kedalaman 100 meter. Sehingga Anda tidak perlu kuatir menggunakannya di berbagai cuaca dan kondisi outdoor ketika melakukan petualangan di mana pun.

Terdapat lima tombol fisik yang terdiri tombol CTRL, MENU, ABC, GPS dan SET. Dan masing-masing tombol tersebut memiliki beberapa fungsi. Tombol CTRL bisa digunakan untuk mengaktifkan perangkat, mengaktifkan backlight, mengaktifkan flashlight atau lampu senter, serta menampilkan Menu. Tombol Menu selain menampilkan Menu juga bisa berfungsi untuk navigasi ke arah atas. Tombol ABC untuk menampilkan sensor yang ada yaitu Altimeter, barometer, dan Compass (ABC), serta navigasi ke arah bawah.

Terdapat tiga tombol di sisi kiri yaitu CTRL, MENU, dan ABC, dan dua tombol di sisi kanan yang terdiri dari GPS dan SET.

Sesuai namanya, tombol GPS berguna untuk menampilkan koordinat GPS dan menyimpan lokasi tersebut. Selain itu juga bisa digunakan untuk menampilkan daftar aktivitas ataupun untuk memulai serta menghentikan aktivitas yang dipilih. Satu lagi fungsi dari tombol ini adalah untuk memiliki pilihan yang ada di Menu. Sementara tombol SET bisa digunakan untuk kembali ke Menu awal atau tampilan kayar sebelumnya, serta menampilkan waktu atau jam.

Strap bisa dilepas dengan menekan menggunakan bantuan paperclip atau sejenisnya sehingga memudahkan saat ingin dibersihkan atau diganti.

Dengan dimensi lebih besar dibanding Instinct 2 Series lainnya, begitu pula ukuran layarnya yang lebih besar yaitu 27 x 27 mm dengan resolusi 176 x 176 piksel. Layarnya berjenis transflective MIP monokrom yang masih cukup nyaman dilihat tanpa harus mengangkat tangan untuk mengaktifkan layar. Namun pada kondisi tertentu, misalnya gelap, Anda bisa mengaktifkan backlit dengan menekan tombol CTRL dua kali dengan cepat.

Tampilan layar terdiri dari dua jendela dimana jendela satunya berupa bulatan kecil di bagian kanan atas. Jendela ini menampilkan informasi singkat seperti notifikasi atau ikon aktivitas yang sedang dipilih. Cukup membantu karena tidak mengganggu tampilan jendela utama.

Smartwatch GPS ini memang tidak menggunakan jenis panel layar sentuh. Hal ini disesuaikan dengan target penggunanya yaitu untuk pecinta kegiatan outdoor guna menghindari penggunaan jari ketika basah atau layar dalam kondisi lembab yang akan sulit dioperasikan jika menggunakan panel tersebut.