Find Us On Social Media :

Akhirnya OpenAI Bakal Luncurkan Aplikasi Resmi ChatGPT untuk Android

By Adam Rizal, Minggu, 23 Juli 2023 | 09:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Akhirnya OpenAI akan meluncurkan aplikasi chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ChatGPT untuk perangkat berbasis Android minggu depan.

Sebelumnya, OpenAI telah memperkenalkan aplikasi resmi ChatGPT untuk perangkat iOS dua bulan lalu. Hal itu diungkapkan OpenAI melalui sebuah cuitan di Twitter bahwa aplikasi ChatGPT akan "diluncurkan untuk pengguna pada minggu depan" seperti dikutip Tech Crunch. Tentunya, pengguna di Amerika Serikat (AS) akan menjadi yang pertama merasakan aplikasi ChatGPT di gawai Android. OpenAI belum mengungkapkan kapan aplikasi ChatGPT versi android itu hadir di negara-negara lainnya.

Pada Mei, OpenAI merilis aplikasi ChatGPT untuk gawai berbasis iOS yang telah diunduh sebanyak 500 ribu kali hanya dalam kurun waktu seminggu setelah tanggal perilisannya. Aplikasi tersebut sempat menjadi salah satu aplikasi dengan pertumbuhan tercepat sebelum disalip oleh aplikasi media sosial besutan Meta, Threads, yang berhasil mendapatkan 30 juga pengguna dalam waktu 24 jam. Aplikasi ChatGPT versi Android memiliki tampilan dan fitur serupa dengan versi iOS, hampir semua fitur yang tersedia di versi web juga akan hadir di Android. Pengguna dapat melakukan sinkronisasi percakapan dan preferensi di seluruh perangkat. Meskipun memiliki fitur serupa, beberapa fitur khas iOS seperti Siri dan Shortcut tidak akan tersedia di aplikasi versi Android.

Pengguna dapat mendaftar di laman aplikasi ChatGPT pada Google Play Store supaya aplikasi tersebut langsung terpasang di gawai ketika sudah dirilis.

Tak Ada Indonesia

OpenAI Hadirkan Fitur Plugin untuk Pengguna ChatGPT Plus.

OpenAI telah memperkenalkan aplikasi resmi ChatGPT untuk perangkat berbasis iOS secara gratis di Amerika Serikat (AS). Aplikasi itu adalah aplikasi seluler resmi pertama untuk ChatGPT.

Kini OpenAI memperluas kehadiran aplikasi resmi ChatGPT untuk perangkat berbasis iOS ke 41 negara tambahan.

Daftar 41 negara tambahan itu yaitu Albania, Croatia, France, Germany, Ireland, Jamaica, Korea, New Zealand, Nicaragua, Nigeria, UK, Algeria, Argentina, Azerbaijan, Bolivia, Brazil, Canada, Chile, Costa Rica, Ecuador, Estonia, Ghana, India, Iraq, Israel, Japan, Jordan, Kazakhstan, Kuwait, Lebanon, Lithuania, Mauritania, Mauritius, Mexico, Morocco, Namibia, Nauru, Oman, Pakistan, Peru, Poland, Qatar, Slovenia, Tunisia and United Arab Emirates.

Sayangnya, OpenAI belum melihat Indonesia sebagai pasar yang menjanjikan untuk aplikasi resmi ChatGPT lantaran aplikasi resmi ChatGPT itu tidak masuk ke Indonesia.

Aplikasi ChatGPT versi iOS tidak berbeda dengan versi web-nya, Anda bisa mendapatkan informasi akurat tanpa memilah-milah iklan atau berbagai hasil, saran yang disesuaikan, seperti panduan tentang memasak, rencana perjalanan, atau menyusun pesan yang bijaksana.

Jika Anda ingin mendapatkan akses eksklusif lainnya dari ChatGPT, Anda dapat berlangganan ChatGPT Plus.