Find Us On Social Media :

Cara Manusia Tidak Tergantikan dengan Teknologi AI di Dunia Kerja

By Adam Rizal, Kamis, 27 Juli 2023 | 19:00 WIB

Inilah Top 10 Karier Teratas di Bidang AI (Artificial Intelligence) pada Tahun 2023 Ini.

Era teknologi terus berkembang pesat dengan adanya kecerdasan buatan (AI) yang semakin canggih. Sejumlah sektor pekerjaan telah mengadopsi teknologi AI untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Namun, para ahli menegaskan bahwa peran manusia tetap tak tergantikan dalam banyak aspek pekerjaan.

Dalam rangka menghadapi tantangan teknologi AI, berikut adalah lima tips tentang bagaimana manusia dapat tetap relevan di dunia kerja yang semakin terotomatisasi.

Kembangkan Soft Skills yang Kuat

Meskipun AI dapat melakukan tugas-tugas rutin dan berulang dengan lebih cepat dan akurat, kehadiran manusia masih krusial dalam memahami dan menghadapi kompleksitas hubungan antarmanusia.

Mengembangkan kemampuan komunikasi, kepemimpinan, empati, dan kreativitas adalah aspek yang sulit digantikan oleh teknologi. Soft skills ini memainkan peran penting dalam kolaborasi tim, penyelesaian masalah, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Jadilah Penyelesaian Masalah

Kemampuan manusia untuk beradaptasi dan menemukan solusi atas masalah-masalah yang kompleks merupakan nilai tambah tak tergantikan.

Dalam dunia kerja yang dipengaruhi oleh teknologi AI, manusia harus berfokus pada pengembangan kemampuan analitis, pemecahan masalah, dan berpikir kritis.

AI mungkin dapat mengumpulkan data besar, tetapi manusia memainkan peran penting dalam menerjemahkan dan mengambil tindakan berdasarkan hasil analisis tersebut.

Terus Tingkatkan Kemampuan Teknologi

Keterampilan teknologi adalah aspek yang harus ditingkatkan oleh setiap individu. Dalam menghadapi AI, manusia harus memahami dan menguasai teknologi yang digunakan dalam pekerjaan mereka.