Find Us On Social Media :

Intel Bakal Hadirkan Teknologi AI di Setiap Produk Chipsetnya

By Adam Rizal, Minggu, 30 Juli 2023 | 09:00 WIB

AI simplified icon gray background Hi-res image with embedded 1x1, 4x3, and 16x9 renditions for intel.com AEM usage.

Teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan akan menjadi menu wajib di setiap produk-produk chip Intel.

CEO Intel Pat Gelsinger mengatakan Intel sangat mendukung dan akan mengimplementasikan teknologi AI dalam pemaparan pendapatan kuartal kedua (Q2) 2023.

"Kami akan memasang teknologi AI di setiap produk," katanya.

Intel akan menjual chipset Meteor Lake yang berfungsi menjalankan machine learning. Sebelumnya, Intel mengatakan chip Ultra baru premiumnya memiliki koprosesor AI dan pada akhirnya akan ada di semua produk yang dijual Intel.

Gelsinger mengungkapkan ada empat kekuatan super atau lima kekuatan super dari perusahaan teknologi termasuk mencakup AI dan cloud.

"Teknologi AI akan ada di setiap alat bantu dengar di masa depan, termasuk milik saya. Entah itu klien, entah itu platform edge untuk kasus penggunaan ritel dan manufaktur dan industri, apakah itu pusat data perusahaan, mereka tidak akan berdiri sendiri," kata Gelsinger, dikutip The Verge.

Peluncuran Chip AI

Intel Kenalkan Model Generatif AI Aurora GenAI, Lebih Canggih dari ChatGPT

Intel Corp akan memperkenalkan chip artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada 2025 sekaligus menantang dominasi dan bersaing dengan Nvidia Corp dan Advanced Micro Devices Inc (AMD).

Saat ini Nvidia memimpin pasar chip AI dan AMD akan menantang posisi Nvidia dengan chip bernama MI300. Intel tidak memiliki pengaruh besar di pasar AI, mengingat chip AI-nya yang bernama Ponte Vecchio mengalami penundaan selama bertahun-tahun.

Jeff McVeigh (Kepala Sistem Komputasi dan Grafis Intel) mengatakan Intel membutuhkan waktu untuk memperbaiki chip dan memutuskan strategi untuk menggabungkan unit pemrosesan grafis (GPU) dengan unit pemrosesan pusat (CPU) mereka.

"Sementara kami berkeinginan untuk memiliki CPU dan GPU terbaik di pasar, sulit untuk mengatakan bahwa satu vendor pada satu waktu akan memiliki kombinasi terbaik dari keduanya," kata McVeigh kepada Reuters.