Find Us On Social Media :

Jurusan Kuliah ini Tak Bisa Digantikan AI, Propsek Kerjanya Cerah!

By Adam Rizal, Kamis, 3 Agustus 2023 | 11:30 WIB

Ilustrasi AI (Artificial Intelligence)

Perkembangan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah membuat perubahan besar di berbagai sektor pekerjaan.

Teknologi AI memang memberikan banyak manfaat tetapi juga membuat kekhawatiran mengenai lapangan pekerjaan manusia yang akan digantikan oleh mesin.

Karena itu, para calon mahasiswa harus cermat untuk memilih jurusan kuliah yang dapat bertahan menghadapi tantangan dari AI.

Beberapa jurusan kuliah yang dianggap memiliki daya tahan terhadap perubahan yang diakibatkan oleh AI adalah sebagai berikut:

Ilmu Data (Data Science)

Ilmu data merupakan bidang yang sangat relevan dengan perkembangan AI. Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data dalam jumlah besar.

Kemampuan ini sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kinerja dan pengembangan sistem AI dan para profesional ilmu data akan menjadi tulang punggung dalam menerapkan AI secara efektif dalam berbagai industri.

Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)

Jurusan rekayasa perangkat lunak juga dianggap tahan terhadap AI. Meskipun AI dapat menciptakan program-program dasar, namun para insinyur perangkat lunak tetap diperlukan untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara aplikasi dan sistem yang lebih kompleks.

Mereka bertanggung jawab untuk menciptakan solusi teknologi yang inovatif dan dapat beradaptasi dengan perkembangan AI.

Keteknikan Robotika (Robotics Engineering)

Keteknikan robotika adalah jurusan yang berfokus pada pengembangan dan penggunaan robot.