Find Us On Social Media :

Mahasiswa Binus Ciptakan Tool Pembaca Braille, Berhasil Masuk Top 10 Program Google Ini

By Rafki Fachrizal, Kamis, 3 Agustus 2023 | 13:15 WIB

Ilustrasi Tool Pembaca huruf Braille buatan Wonder Reader.

Empat mahasiswa dari Binus International berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang lolos ke tahap 10 besar program Google Solution Challenge 2023.

Para mahasiswa itu di antaranya Philipus Adriel Tandra (19), Aric Hernando (21), Jason Jeremy Wijadi (21), dan Jason Christian Hailianto (21) yang semuanya berasal dari Jakarta.

Mereka menamakan kelompoknya Wonder Reader dan menciptakan tool (alat) pembaca huruf Braille.

Untuk membuat alat pembaca Braille ini, Wonder Reader menggunakan Jetpack Compose, Firebase, dan Google Cloud Text to Speech.

”Guru bisa langsung memasukkan soal pada aplikasi di smartphone atau laptop yang kemudian terintegrasi pada alat untuk mengoperasikannya. Kemudian, siswa bisa langsung membaca soal dan mengetik jawabannya dalam tulisan Braille pada alat,” terang Jason Christian.

Wonder Reader juga mendapat sambutan dari Yayasan Mitra Netra yang mendapat kesempatan untuk mencoba langsung alat pembaca Braille ini.

Salah satu staf pengajar komputer untuk tunanetra di Mitra Netra, Suryo Pramono merasakan potensi tinggi yang dihadirkan alat untuk menciptakan aktivitas belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi rekan tunanetra maupun tunanetra dengan tunarungu di daerah.

Jika nanti berhasil diproduksi secara masal, alat pembaca Braille yang diciptakan Wonder Reader ini diharapkan dapat menghadirkan produk ciptaan anak bangsa dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang alat serupa yang harus diimpor.

“Kami memilih menggunakan Android sebagai landasan dari pengembangan alat pembaca Braille ini karena pengoperasian yang mudah dan ada beragam tool yang tersedia bagi developers,” jelas Jason Jeremy.

“Selain itu, jumlah pengguna smartphone Android di Indonesia jauh lebih banyak, terutama bagi mereka yang ada di daerah. Kami berharap alat ini bisa dimanfaatkan oleh pengajar di daerah,” sambungnya.

Lebih lanjut, program Google Solution Challenge adalah bagian dari Google Developer Students Club (GDSC) yang bertujuan untuk membangun solusi bagi masalah lokal sesuai dengan 17 Sustainable Development Goals, dengan memanfaatkan teknologi Google.

“Solution Challenge sendiri merupakan kompetisi tahunan yang mengajak mahasiswa untuk menciptakan solusi bagi permasalahan yang ada di komunitas lokal dengan menggunakan produk dan teknologi Google. Ini adalah tahun keempat kami menyelenggarakan Solution Challenge, dan kami melihat minat dan partisipasi yang luar biasa kuat dari developer pelajar di seluruh Asia Tenggara,” terang Janise Tan, Regional Lead SEA, Google Developer Relations Ecosystem.

Pada 3 Agustus mendatang, GDSC akan memilih tiga tim teratas untuk berlaga dalam sesi Demo Day. Dari kawasan Asia-Pasifik sendiri, selain Wonder Reader dari Indonesia, perwakilan lain yang masuk 10 besar berasal dari Singapura, India, dan dua perwakilan dari Korea Selatan.