Find Us On Social Media :

Catat! Lima Tips Jualan Online lewat Live Shopping di Tokopedia PLAY

By Rafki Fachrizal, Kamis, 3 Agustus 2023 | 16:15 WIB

Ilustrasi Fitur Live Shopping di Aplikasi Tokopedia.

Di tengah era social commerce, masyarakat cenderung mencari inspirasi melalui media sosial sambil berbelanja atau sebaliknya.

Era social commerce pun menjadi peluang bagi pegiat usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal, untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif dan relevan bagi masyarakat, salah satunya melalui live shopping.

Salah satu platform e-commerce di tanah air yang saat ini memiliki fitur live shopping adalah Tokopedia. “Tokopedia membuat berbagai inovasi yang sesuai dengan kebutuhan di era social commerce, salah satunya kanal live streaming Tokopedia PLAY, yang telah hadir sejak tahun 2018,” ujar Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia, Nirmala Hapsari.

Tokopedia melalui Nirmala pun membagi lima tips agar pelaku usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal, bisa mendongkrak penjualan online lewat live shopping di Tokopedia PLAY.

1. Persiapkan alat yang memadai dan tempat khusus live shopping

Agar live shopping terlihat lebih profesional, pelaku usaha dapat mempersiapkan peralatan streaming seperti handphone, tripod dan clip-on microphone.

Gunakan juga latar belakang yang polos dan bersih serta pencahayaan yang terang agar wajah dan produk penjual terlihat jelas. Jika perlu, pelaku usaha bisa menggunakan ring light untuk meningkatkan kualitas gambar.

2. Bangun pengalaman yang lebih interaktif dengan calon pembeli

Salah satu keunggulan dari live shopping adalah kemampuan untuk menciptakan pengalaman komunikasi yang lebih interaktif dengan calon pembeli.

Penjual diimbau untuk aktif berkomunikasi dengan menanggapi setiap pertanyaan atau komentar dari calon pembeli.

“Pastikan bahwa konten dan topik bahasan sesuai dengan kategori produk yang dijual. Misal, untuk produk fesyen, penonton cenderung ingin mengetahui kualitas serta tampilan dari produk tersebut. Penjual dapat membuat konten berupa cara pemakaian (try on) atau padu padan (mix and match) pakaian untuk meningkatkan interaksi dengan calon pembeli,” ujar Nirmala.

3. Buat penawaran spesial yang hanya berlaku selama live shopping berlangsung

Agar calon pembeli tertarik untuk mengikuti live shopping hingga membeli produk, pelaku usaha disarankan untuk menghadirkan penawaran berupa diskon atau giveaway yang hanya bisa didapatkan selama live shopping berlangsung.