Find Us On Social Media :

Pengguna Asisten Browser AI Opera Aria Tembus Satu Juta Orang

By Adam Rizal, Senin, 7 Agustus 2023 | 10:00 WIB

Browser Opera Aria

Peramban opera melaporkan pengguna asisten browser AI Opera Aria telah melampaui satu juta pengguna sejak diluncurkan pada Mei. Opera sendiri meluncurkan Aria untuk pengguna Android pada akhir Juni lalu.

Sebagai informasi, Aria mengadopsi teknologi GPT milik OpenAI. GPT merupakan Model Bahasa Besar (LLM) yang digunakan oleh ChatGPT dan sebagian besar dilihat sebagai model bahasa yang memulai revolusi AI generatif.

Co-CEO Opera Lin Song mengatakan kolaborasi Aria dan AI adalah kunci dari strategi Opera ke depan, dengan browser desktop andalan perusahaan yang baru didesain ulang.

"Saya senang bahwa pengguna kami sangat menyukai pengalaman Aria seperti kami. Saya tidak sabar menunggu lebih banyak pengguna kami untuk mencoba Aria sendiri," ujar Co-CEO Opera Lin Song dalam sebuah pernyataan.

"Kami meningkatkan semua basis pengguna Desktop kami ke Opera One dan segera menghadirkan AI browser asli kami ke Opera GX dan Opera untuk iOS, membuatnya tersedia di semua platform utama," sambungnya.

Saat ini Aria tersedia di Opera One dan di Opera untuk Android di lebih dari 180 negara di seluruh dunia, termasuk Uni Eropa. Pengguna harus mengunduh Opera untuk Android atau browser Opera untuk desktop dan masuk menggunakan akun Opera mereka.

Setelah selesai, pengguna cukup membuka browser, mengklik ikon Aria di menu utama (seluler) atau di sidebar (desktop) dan mulai menjelajahi menggunakan AI secara gratis.

Keunggulan

Tampilan Browser Opera yang Kini Telah Dibekali ChatGPT.

Saat ini perusahaan teknologi berlomba-lomba menyematkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ke dalam platformnya. Baru-baru ini Opera memasang asisten browser AI Aria yang berbasis ChatGPT milik Open AI ke dalam platformnya.

Browser AI Aria membantu pengguna menemukan beragam informasi di web, menghasilkan teks atau kode, atau menjawab pertanyaan pengguna. "Aria ini dirancang berdasarkan infrastruktur 'Komposer' yang akan memudahkan pengguna mencari informasi," kata Juru Bicara Opera seperti dikutip Tech Crunch.

Aria juga terintegrasi dengan teknologi GPT sehingga mampu menjawab pertanyaan dengan chat. Aria memiliki pengetahuan tentang seluruh database dokumentasi dukungan browser. Opera telah meluncurkan Aria ke lebih dari 180 negara dan Anda bisa mencobanya lewat Opera One versi terbaru di PC. Anda harus memiliki akun Opera terlebih dahulu untuk mengakses Aria.