Find Us On Social Media :

Nih, Kami Beritahu Cara Mudah Ubah File Audio Jadi Teks dengan AI

By Liana Threestayanti, Minggu, 6 Agustus 2023 | 15:47 WIB

Apakah salah satu tugas dalam pekerjaan Anda adalah mentranskripsikan file audio ke teks? Kami beri tahu cara mudah melakukannya dengan bantuan AI.

Apakah salah satu tugas dalam pekerjaan Anda adalah mentranskripsikan file audio atau video ke dalam format teks? Kami beri tahu cara mudah melakukannya dengan bantuan artificial intelligence (AI).

Beberapa profesi, misalnya jurnalis, kerap dihadapkan pada tugas mentranskripsikan file audio ke file teks. Misalnya, seorang jurnalis perlu mentranskripsikan hasil wawancara ke format teks. 

Dalam tugas ini, kendala utamanya adalah waktu. Ya, pekerjaan transkripsi memakan waktu yang cukup lama terutama ketika membutuhkan transkripsi yang akurat dan lengkap. Walhasil pekerjaan lain harus ditunda demi menyelesaikan proses transkripsi.

Nah, ada cara mudah dan gratis mentranskripsikan file audio atau video ke format teks. Untuk itu, kita membutuhkan salah satu tool AI milik OpenAI, yaitu Whisper AI, dalam proses transkripsi ini. Tool berbasis open source ini sepenuhnya gratis dan mendukung hampir 60 bahasa. Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa yang didukung Whisper AI. 

Ada dua opsi penggunaan Whisper AI. Kita dapat memasang tool AI langsung di komputer kita, tapi pastikan komputer tersebut memiliki spesifikasi yang memadai untuk menjalankan tool tersebut.

Cara lain adalah menggunakan Google Colabolatory atau Google Colab. Salah satu produk Google research yang berbasis cloud dan tak berbayar ini bertujuan mempermudah pekerjaan yang berkaitan dengan data science dan machine learning. Google Colab memungkinkan kita menjalankan kode langsung di browser sehingga kita tidak bergantung pada kinerja PC atau laptop kita untuk menjalankan AI.

Nah ini langkah-langkahnya:

Memasang Google Colaboratory

1. Untuk menggunakan Google Colab, kita harus masuk ke Google Drive. Sebelumnya, pastikan kita sudah masuk ke akun Google. Jika belum memiliki akun Google, silakan mendaftar lebih dulu. 

2. Setelah masuk ke Google Drive, pada sudut kiri layar, klik tombol “New”. Lalu klik “More” pada daftar menu dropdown yang muncul. Kemudian klik Connect to More Apps. 

3. Di kotak dialog Google Workspace Marketplace yang terbuka, klik pada kotak pencarian dan ketikkan “Google Colaboratory” dan klik untuk mencari. Kemudian klik pada hasil pencarian yang bertuliskan Colaboratory. Lalu, klik Install dan Continue. 

4. Selanjutnya kita akan melihat pesan bahwa Google Colaboratory sudah terkoneksi dengan Google Drive (“Google Colaboratory was connected to Google Drive”). Klik OK dan klik Done.