Find Us On Social Media :

WhatsApp Rilis Fitur Berbagi Layar & Mode Lanskap di Panggilan Video

By Liana Threestayanti, Rabu, 9 Agustus 2023 | 13:00 WIB

CEO Meta, Mark Zuckerberg mengumumkan fitur baru pada WhatsApp: berbagi layar secara langsung dan mode Landscape ketika melakukan panggilan video.

Melalui unggahannya di media sosial Facebook, CEO Meta, Mark Zuckerberg mengumumkan fitur baru pada WhatsApp: berbagi layar secara langsung dan mode Landscape ketika melakukan panggilan video.

Bertujuan meningkatkan pengalaman pengguna saat melakukan panggilan video, fitur ini memungkinkan pengguna membagikan dokumen, foto, bahkan keranjang belanja pengguna dengan kontak yang dapat dihubungi melalui video call

Untuk mengakses fitur ini:

1. Lakukan panggilan video seperti biasa, dengan satu atau lebih orang.

2. Kemudian, klik/ketuk ikon “Share” yang muncul di bagian bawah layar. 

3. Pilih aplikasi yang ingin kita bagikan di layar. Dan layar kita pun akan bisa segera dilihat oleh peserta video call dalam mode lanskap.

4. Sementara ikon video peserta video call akan tetap bisa kita lihat di sisi kanan layar.  

Fitur ini mirip dengan cara kerja screen sharing di platform video conference pada umumnya, seperti Google Meet dan Zoom. 

Dirilis untuk para beta tester di Android pada akhir Mei lalu, fitur ini dirilis untuk Android, iOS, dan Windows Desktop secara bertahap, seperti kami kutip dari Tech Crunch. Artinya, fitur ini  tidak serentak muncul di aplikasi semua pengguna WhatsApp. Saat tulisan ini dibuat, fitur itu sudah muncul di aplikasi WhatsApp penulis. 

Selain screen sharing, WhatsApp juga meluncurkan dukungan untuk panggilan video dalam mode Landscape. Mode ini tentu akan sangat bermanfaat bagi pengguna saat berbagi layar. 

Mengomentari unggahan Mark Zuckerberg, pengguna memuji kehadiran dua fitur baru ini karena akan sangat membantu saat pengguna perlu mempresentasikan produk atau mendiskusikan sebuah dokumen.

Menurut pengguna Facebook bernama Martin Beck Nworah, ia tidak perlu lagi mengirimkan dokumen secara terpisah untuk mendiskusikan dokumen tersebut via panggilan video WhatsApp.