Find Us On Social Media :

NDCC 2023 Hadirkan SDM Digital Berkualitas di Industri Data Center

By Adam Rizal, Rabu, 9 Agustus 2023 | 18:05 WIB

NDCC 2023

Pasar data center Indonesia terus mengalami peningkatan permintaan volume dan kualitas layanan dari pelanggan seiring dengan tumbuhnya gaya hidup digital, bangunan dan industri cerdas dengan kendali jarak jauh berbasis internet. Volume diharapkan tumbuh dari USD 2,06 miliar pada tahun 2023 menjadi USD 3,98 miliar pada tahun 2028, dengan pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) sebesar 14,09% selama periode perkiraan 2023-2028 (Data Center Indonesia).

Menjawab pesatnya pertumbuhan industri data center di Indonesia, Nusantara Data Center Academy mengumumkan perannya sebagai host acara "Nusantara Data Center Cloud & Summit 2023" (NDCC 2023) yang akan diselenggarakan pada tanggal 10-12 Agustus di JI-Expo Kemayoran Jakarta.

“Data center perlu memiliki kemampuan untuk memenuhi lonjakan permintaan kebutuhan gaya hidup digital, bangunan dan industri cerdas yang dapat dikendalikan dari jarak jauh berbasis komputasi awan. Lonjakan permintaan tersebut mendorong diciptakannya talenta-talenta baru yang memiliki pengetahuan serta kompetensi kerja khusus untuk memenuhi kebutuhan industri digital ini. Nusantara Data Center Academy terus berperan aktif untuk mendukung terciptanya ekosistem SDM digital yang disesuaikan dengan kebutuhan industri dalam rangka meningkatkan daya saing Indonesia di kancah industri digital dunia”, ujar Erick Hadi, Founder, Nusantara Data Center Academy.

Sementara itu, Hendra Suryakusuma, Ketua Umum IDPRO (Asosiasi Penyedia Data Center Indonesia) berharap bahwa pagelaran ini menjadi bagian integral bagi para stakeholders transformasi digital di tanah air.

“IDPRO melihat salah satu kunci kemajuan industri data center nasional akan dicapai melalui terciptanya talenta-talenta baru yang diikuti dengan manajemen SDM berbasis kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Kita perlu bergandengan tangan bersama dengan para pemangku kepentingan terkait, agar talent pool data center di Indonesia dapat mendukung operasional penyedia-penyedia data center di Indonesia, secara berkelanjutan, optimal, dan efisien," ujarnya.

Mengambil tema "Connect, Collaborate, Transform: Harnessing the Power of Digital Talents to Support Indonesian Digital Ecosystems", pagelaran ini menjadi forum bagi regulator, asosiasi industri, pemimpin bisnis, penyusun kebijakan, serta akademisi untuk mengakselerasi peran talenta digital dalam rangka mendukung ekosistem ekonomi digital Indonesia, khususnya di bidang data center dan komputasi awan.

Melakukan percepatan ketersediaan talenta transformasi digital

Dengan perkembangan lanskap digital yang terus berubah, kolaborasi antara para profesional industri, akademisi, regulator, dan pengambil kebijakan di Indonesia menjadi sangat penting dalam rangka mendorong perjalanan transformasi digital tingkat nasional dan regional.

Sebagai bagian dari acara NDCC 2023, diagendakan penandatanganan nota kesapahaman (memorandum of understanding) antara Kementrian Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Asosiasi Penyedia Data Center Indonesia (IDPRO) dan Nusantara Data Center Academy; mengenai kerjasama pendidikan, pelatihan, dan program tenaga kerja untuk industri data center Indonesia.

Selain itu, beragam isu terkini sehubungan dengan perkembangan industri data center tanah air yang berkelanjutan akan dihadirkan dalam konferensi yang mengangkat beragam topik, mulai dari konservasi energi, implementasi energi terbarukan, dampak teknologi 5G, komputasi awan, kebutuhan data center di dalam kota, kesiapan SDM digital lokal, serta kolaborasi pemerintah-industri-akademisi dalam rangka penguatan ekonomi digital Indonesia.

Selama 10-12 Agustus 2023, acara NDCC 2023 menghadirkan antara lain:Hybrid Conference (Virtual & Onsite): Peserta konferensi dapat menghadiri rangkaian acara secara virtual maupun secara langsung di lokasi JI-Expo Kemayoran Jakarta.

Panel Diskusi Multi-Stakeholder: Diskusi panel yang melibatkan berbagai pimpinan lembaga pemerintah, swasta, dan asosiasi industri.