Find Us On Social Media :

4 Fitur di Google Sheets yang Bisa Bikin Anda Bekerja Lebih Produktif

By Rafki Fachrizal, Jumat, 11 Agustus 2023 | 10:15 WIB

Ilustrasi Google Sheets.

Di era digital yang terus berkembang, tools (alat-alat) kolaborasi dan pengelolaan data menjadi sangat penting dalam mendukung produktivitas individu maupun tim di perusahaan/organisasi.

Salah satu alat produktivitas yang banyak digunakan orang-orang saat ini adalah Google Sheets.

Ini adalah aplikasi spreadsheet berbasis web yang disediakan oleh Google, dan telah menjadi salah satu solusi populer untuk mengelola data, menghitung angka, serta berkolaborasi secara efisien.

Google Sheets memiliki berbagai fitur yang dapat membantu menyelesaikan tugas pendataan maupun perhitungan dengan lebih efisien dan mudah.

Namun ternyata, ada beberapa fitur lain di Google Sheets yang bisa membuat Anda bekerja lebih produktif. Berikut ini beberapa fiturnya.

1. Mengubah warna tab

Anda mungkin suka menandakan poin penting di sebuah dokumen atau folder dengan tanda warna yang berbeda. Teknik ini juga dikenal dengan color coding.

Ketika mendapati banyak Tab, Anda juga bisa menandakan Tab penting dengan warna tertentu untuk menandakan Tab mana yang selaras, atau mana Tab penting yang perlu dilihat.

Caranya, kita bisa klik downward arrow pada Tab yang diinginkan kemudian pilih change color dan pilih warna yang diinginkan.

2. Membuka banyak link secara bersamaan

Mungkin kita sering memasukkan banyak hyperlinks yang merujuk ke berbagai dokumen atau materi penting di dalam Google Sheets.

Sekarang, Anda bisa membuka hyperlinks tersebut secara bersamaan tanpa harus mengklik link satu per satu.

Caranya, kita bisa memilih range hyperlink yang ingin dibuka, kemudian klik kanan dan pilih open links.