Find Us On Social Media :

Smart Speaker Vifa ChatMini Pakai Teknologi AI ChatGPT, Ini Fiturnya

By Adam Rizal, Senin, 14 Agustus 2023 | 11:30 WIB

Viva Chatmini

Brand audio Denmark Vifa meluncurkan smart speaker ChatMini berbasis chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ChatGPT. Vifa mengklaim smart speakernya itu jauh lebih canggih dari Siri atau Google Assistant.

Hebatnya, speaker ChatMini itu dapat menjadi teman percakapan yang luwes dan dinamis berkat chatbot AI gandaVifa ChatMini juga bisa memberikan dukungan, kenyamanan, dan nasihat kepada pengguna berdasarkan respons emosional.

Speaker dapat menjadi teman akrab bagi pengguna. Tak hanya itu, speaker itu juga mampu membuat lirik, artikel, dan puisi.

Vifa ChatMini juga bisa menjawab pertanyaan, mengadakan kuis, dan memainkan permainan. Wah, ini bisa jadi ide hiburan menarik kalau lagi kumpul-kumpul keluarga atau bareng teman dekat.

Vifa Chat Mini rencananya akan diluncurkan di tanggal 17 Agustus 2023, dengan harga $259.

Kloningan Suara

Artificial Intelligence (AI)

Aug X menggandeng ElevenLabs memperkenalkan Augie, sebuah platform pembuatan video yang mengusung teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk menciptakan kloning suara guna membacakan narasi tanpa melalui proses rekaman tradisional.

"Teknologi ini memungkinkan pengguna merekam suara mereka sendiri atau suara orang lain, lalu menghasilkan kloning suara yang dapat digunakan dalam video pendek," kata Jeremy Toeman (Pendiri Aug X).

Jeremy mengatakan platform Augie akan mempermudah pekerjaan tim pemasaran dan di media sosial karena memudahkan mereka menambahkan narasi, gambar, teks, dan musik ke dalam video tanpa perlu memiliki kemampuan editing audio dan video yang mahir.

"Fitur kloning suara ini muncul setelah menyadari banyak orang yang merasa tidak nyaman merekam suara mereka ke mikrofon," ujarnya seperti dikutip The Verge.

Cara penggunaan Augie cukup sederhana: pengguna menulis atau mengunggah naskah yang ingin dibacakan, kemudian memilih sampel suara singkat yang sudah direkam sebelumnya. Setelah itu, kloning suara akan membacakan naskah dengan berbagai pilihan gaya pembacaan seperti serius, antusias, menyeramkan, dan lainnya.