Find Us On Social Media :

Segera Kuasai! Pekerja dengan Keterampilan ini Paling Dicari di Era AI

By Adam Rizal, Selasa, 15 Agustus 2023 | 09:30 WIB

Inilah Top 10 Karier Teratas di Bidang AI (Artificial Intelligence) pada Tahun 2023 Ini.

 

Saat ini dunia sedang memasuki era artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Teknologi AI sudah masuk ke setiap lapisan industri untuk meningkatkan produktivitas.

Sayangnya, teknologi AI juga dapat membuat manusia pengangguran di masa depan, mengingat teknologi AI mampu bekerja lebih cepat, akurat dan tenaganya yang murah. Sudah banyak perusahaan yang melakukan efisiensi dan beralih menggunakan AI.

Karena itu, Anda tidak boleh lengah dan harus meningkatkan keterampilan untuk menguasai hal hal baru, terutama keterampilan yang paling dicari di era AI.

Upwork, sebuah platform pekerjaan lepas terkenal mengungkapkan ada peningkatan lebih dari 1.000 persen dalam jumlah lowongan pekerjaan terkait AI selama kuartal II-2023 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Tak hanya itu, ledakan AI itu mendorong perusahaan untuk merekrut tenaga kerja baru dalam pengembangan AI. Menurut laporan "Future of Jobs Report 2023", pada tahun 2027, perkembangan AI diperkirakan akan menciptakan 2,6 juta pekerjaan baru.

Dalam laporan tersebut, ada 10 pekerjaan atau keterampilan yang paling dicari dan dibutuhkan seiring dengan meningkatnya popularitas teknologi AI, yaitu:

Spesialis AI dan machine learning.

Spesialis keberlanjutan (sustainability).

Analis intelijen bisnis.

Analis keamanan informasi.

Insinyur fintech.

Ilmuwan dan analis data.