Find Us On Social Media :

YouTube Kembangkan Teknologi AI Bikin Tulisan Rangkuman Video

By Adam Rizal, Rabu, 16 Agustus 2023 | 10:00 WIB

Ilustrasi YouTube

YouTube kembangkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang mampu membuat ringkasan tulisan video yang akan muncul di halaman pencarian dan tontonan.

Tulisan AI itu akan memberikan gambaran singkat sebuah klip untuk membantu pengguna memutuskan apakah klip tersebut layak untuk ditonton atau tidak. Pengujian itu baru akan terlihat pada video berbahasa Inggris dalam jumlah yang terbatas.

"Rangkuman video ini akan muncul di perangkat seluler untuk video panduan, video belanja, dan vlog," kata Juru bicara YouTube.

YouTube menghadirkan beberapa fitur pratinjau kepada pengguna dalam beberapa minggu terakhir. Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengubah komentar Shorts menjadi klip bentuk pendek yang sama sekali baru.

"Fitur akan sangat membantu karena ada lebih dari 500 jam konten diunggah setiap menitnya, mustahil bagi manusia untuk mengikutinya," pungkasnya.

Pertanyaannya adalah apakah rangkuman AI cukup akurat atau tidak. Google telah memperingatkan bahwa sistem generatif seperti Bard mungkin rentan terhadap ketidakakuratan dan kesalahan informasi, dan masih belum jelas seberapa baik eksperimen YouTube bekerja dalam praktiknya.

Fitur-fitur Terbaru Shorts

YouTube Shorts

YouTube meluncurkan enam fitur terbaru untuk memudahkan dan menyenangkan pembuatan konten video pendek yang dikenal sebagai "Shorts."

Shorts pertama kali diperkenalkan sekitar 2021 dan telah menarik lebih dari dua miliar pengguna bulanan. Melalui blog resmi, YouTube mengumumkan enam fitur baru yang akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.

Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah video horizontal menjadi format vertikal yang lebih sesuai dengan format Shorts. Fitur-fitur baru tersebut saat ini tengah diuji coba, dan beberapa di antaranya adalah:

1. Fitur Pengubah Format Video