Find Us On Social Media :

Imagine Live 2023: Ericsson Bagikan Aneka Potensi 5G untuk Indonesia

By Cakrawala Gintings, Rabu, 16 Agustus 2023 | 15:00 WIB

Jerry Soper (President of Ericsson Indonesia; kiri) dan Dr. Ir. Ismail ST MT (Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia; ketiga dari kiri) berfoto bersama Marina Berg (Duta Besar Swedia untuk Indonesia; kedua dari kiri) dan Nunzio Mirtillo (SVP & Head of Southeast Asia, Oceania and India, Ericsson) usai membuka 'Imagine Live 2023' di Jakarta minggu lalu.

Ericsson menyebutkan bahwa koneksi merupakan hal mendasar bagi peradaban. Menurut studi yang dilakukan sebelumnya, Ericsson mengatakan bahwa secara rata-rata adopsi konektivitas pita lebar (broadband) memiliki korelasi yang positif dengan perekonomian; secara rata-rata, suatu peningkatan sebesar 10% pada adopsi konektivitas pita lebar di suatu negara, pada awalnya akan mengakibatkan peningkatan sejumlah 0,8% terhadap PDB (produk domestik bruto) negara itu. Pentingnya koneksi, seperti konektivitas 5G, ini ditegaskan Ericsson Indonesia pada acara “Imagine Live 2023” yang digelar di Jakarta dari 8 sampai 10 Agustus 2023 lalu.

Sebagai generasi terkini dari teknologi (nirkabel) seluler, 5G menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan 4G. Seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, 5G antara lain bisa memberikan kecepatan yang lebih tinggi, latensi yang lebih rendah, dan kepadatan koneksi yang lebih baik. Dengan kata lain 5G tidak hanya bisa membantu menghadirkan konektivitas pita lebar yang lebih bagus melainkan mendukung lebih banyak perangkat — memungkinkan adopsi yang lebih besar. Berkat aneka keunggulannya pula, 5G memungkinkan berbagai potensi koneksi seluler untuk Indonesia dan dunia. Pada acara bertema “Unlocking the Future of 5G” yang dimaksud, Ericsson pun menampilkan aneka potensi 5G tersebut.

Berbagai potensi 5G yang ditampilkan Ericsson sendiri diklaim seperti yang hadir pada MWC Barcelona lalu. Ericsson meyakini tawaran-tawarannya akan 5G, termasuk yang ditampilkan, bisa membantu Indonesia mencapai tujuannya merevitalisasi industrinya dengan Industri 4.0 serta menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-7 di dunia pada tahun 2030. Tak hanya itu, Ericsson juga meyakini 5G bisa membantu Indonesia mentransformasi berbagai layanan publiknya dan membantu UMKM (usaha mikro, kecil, menengah)-nya untuk bersaing dan berkembang. Ericsson percaya 5G bisa mendorong ekonomi digital di tanah air.

Salah satu potensi 5G yang dikedepankan Ericsson pada Imagine Live 2023 adalah sehubungan XR yang akan memungkinkan panggilan video masa depan yang membuat seolah-olah lawan bicara hadir secara langsung di depan pelaku panggilan.

“Di Indonesia, menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, 5G telah menjangkau lebih dari lima puluh distrik dan tentu saja diharapkan akan bertumbuh secara signifikan dalam tahun-tahun yang akan datang. Mengapa hal itu penting? Menciptakan infrastruktur digital yang kuat di Indonesia akan menjadi suatu dasar yang membolehkan Industri 4.0 dan untuk negara tersebut menjadi kompetitif di panggung global. Hal itu juga bisa secara mendasar mentransformasi layanan-layanan warga negara,” ujar Jerry Soper (President of Ericsson Indonesia).

“Ketika kami melihat banyak bisnis kecil, para UMKM, para UKM yang merupakan tempat sebagian besar orang di negara ini bekerja, membolehkan, 5G akan membantu mereka untuk berkembang pesat di pasar. Perlu diingat tentang adopsi yang luar biasa ini: diprediksikan pada tahun 2030, Indonesia akan menjadi ekonomi terbesar ke-7 di dunia,” tambah Jerry Soper sembari menekankan Ericsson adalah pemimpin dalam 5G.

Kesiapan Infrastruktur

Meski 5G sudah tersedia di tanah air, tetapi jangkauan dan kinerjanya masih terbatas. Pemerintah Indonesia mengatakan bahwa pemerintah ingin memastikan terlebih dahulu infrastruktur yang mendukung 5G di tanah air adalah siap. Pasalnya, tanpa kesiapan infrastruktur bersangkutan, 5G tidak akan bisa memberikan kinerja terbaiknya; kinerja 5G tidak akan optimal. Contohnya throughput 5G yang bisa sepuluh kalinya 4G, tanpa backhaul yang mendukung, throughput tersebut sulit untuk dicapai. Pemerintah ingin memastikan dulu infrastruktur pendukung 5G yang dimiliki operator telekomunikasi seluler di Indonesia adalah siap agar 5G yang nantinya hadir di tanah air kinerjanya optimal. Begitu pula halnya dengan spektrum-spektrum frekuensi 5G baru.

Dengan berbagai infrastruktur pendukung yang benar-benar siap, 5G akan bisa menjawab kebutuhan akan konektivitas yang meningkat di Indonesia, termasuk dalam sisi kecepatan, lalu lintas data, dan jumlah perangkat yang terus meningkat. Bahkan, Ericsson mengeklaim 5G bisa menawarkan kinerja yang lebih tinggi dari 4G dengan konsumsi daya listrik yang lebih rendah. Hal tersebut tentunya bagus untuk keberlanjutan. Apalagi kini pemanasan global menjadi isu yang penting, termasuk di tanah air.