Find Us On Social Media :

Survei: Teknologi AI Mampu Mengubah Bisnis dan Meningkatkan Investasi

By Adam Rizal, Sabtu, 19 Agustus 2023 | 14:30 WIB

Ilustrasi Generative AI (Artificial Intelligence).

AMD merilis temuan dari survei baru para pemimpin TI global yang mengatakan bahwa 3 dari 4 pemimpin TI optimis tentang potensi manfaat AI — dari peningkatan efisiensi karyawan hingga solusi keamanan siber otomatis — dan lebih dari 2 dari 3 meningkatkan investasi dalam teknologi AI. 

Namun, sementara AI menghadirkan peluang yang jelas bagi organisasi untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan aman, para pemimpin TI menyatakan ketidakpastian tentang ketepatan waktu adopsi AI mereka karena kurangnya peta jalan implementasi dan kesiapan keseluruhan dari beragam hardware dan teknologi yang ada.        

AMD melakukan survei terhadap 2.500 pemimpin TI di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Perancis, dan Jepang untuk memahami bagaimana teknologi AI membentuk kembali tempat kerja, bagaimana pemimpin TI merencanakan teknologi AI mereka dan roadmap hardware klien terkait, dan apa tantangan terbesar mereka adalah adopsi. 

Terlepas dari beberapa keraguan seputar keamanan dan persepsi bahwa melatih tenaga kerja akan memberatkan, menjadi jelas bahwa organisasi yang telah menerapkan solusi AI melihat dampak positif dan organisasi yang menunda risiko tertinggal. Dari organisasi yang memprioritaskan penerapan AI, 90% melaporkan telah melihat peningkatan efisiensi tempat kerja.       

“Ada keuntungan menjadi pengadopsi awal AI,” kata Matthew Unangst, senior director, commercial client and workstation, AMD. 

“Pemimpin TI melihat manfaat dari solusi yang mendukung AI, tetapi perusahaan mereka perlu menguraikan rencana yang lebih terfokus untuk penerapan atau risiko tertinggal. Ekosistem software terbuka, dengan hardware berkinerja tinggi, sangat penting, dan AMD percaya pada pendekatan multi-aspek untuk meningkatkan IP AI di seluruh portofolio produk kami untuk keuntungan mitra dan pelanggan kami," ujarnya.  

Masa Depan Komputasi Bertenaga AI untuk Perusahaan   

Untuk memastikan para pemimpin TI memiliki platform komputasi terbaik saat mereka mengimplementasikan solusi AI, AMD berfokus pada pengembangan solusi mutakhir dengan kemampuan AI di seluruh portofolio produk kami – dari cloud hingga endpoint– sambil bekerja dalam kolaborasi yang erat dengan industri terbuka- software standar.     

Tahun ini, AMD meluncurkan prosesor AMD Ryzen™ 7040 Series pertama dengan model-model tertentu yang menampilkan Ryzen™ AI Engine dengan dukungan untuk Windows Studio Effects, bersama dengan pengembang AI Ryzen – menghadirkan pengalaman unik yang saat ini tidak tersedia di prosesor x86 lain dan membuka jalan untuk kemampuan AI yang lebih besar langsung di laptop.      

Mesin AI khusus untuk PC mobile melengkapi AI berbasis cloud dan penting untuk penerapan aplikasi AI di tempat kerja. Ini memiliki potensi untuk:     

Mengaktifkan pengalaman yang lebih dipersonalisasi dan aman bagi karyawan dengan menjalankan model AI secara lokal.  

Meningkatkan efisiensi daya laptop, yang berarti produktivitas dan konektivitas karyawan lebih baik.