Find Us On Social Media :

Sony Luncurkan Headset TWS WF-1000XM5: Lebih Mumpuni dari Sebelumnya

By Cakrawala Gintings, Selasa, 22 Agustus 2023 | 09:00 WIB

Yoshiyuki Fujioka (President Director of PT Sony Indonesia; kiri), Ali Ichsan (Video & Sound Product Manager of PT Sony Indonesia; kedua dari kiri), dan Abdurahman Tirza (Product Marketing of PT Sony Indonesia) befoto bersama sembari menunjukkan Sony WF-1000XM5 usai peluncuran headset TWS baru ini di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sony Indonesia beberapa waktu lalu di Jakarta mengumumkan peluncuran WF-1000XM5 di tanah air. Dibandingkan WF-1000XM4 yang merupakan generasi sebelumnya, Sony mengeklaim WF-1000XM5 menawarkan sejumlah peningkatan, termasuk dalam noise cancellation yang adalah salah satu andalan seri 1000X. Headset TWS (true wireless stereo) baru ini lebih mumpuni dalam meredam suara sekitar dibandingkan sebelumnya.

Kemampuan yang lebih mumpuni dari WF-1000XM5 dalam noise cancellation antara lain adalah berkat penggunaan dua prosesor baru. Bahkan, Sony menyebutkan noise cancellation dari WF-1000XM5 adalah noise cancellation dengan kinerja terbaik untuk headset TWS gaya di pasaran. Alhasil pengguna Sony WF-1000XM5 bisa mendengar suara yang direproduksi dengan lebih baik, khususnya saat berada di tempat yang bisa dibilang berisik.

“Peluncuran TWS WF-1000XM5 ‘For the Music’ adalah wujud nyata dedikasi Sony untuk terus berinovasi dan merespon minat pengguna, dimana musik sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan teknologi peredam suara, Anda dapat merasakan pengalaman imersif ketika mendengarkan musik yang jernih tanpa gangguan di sekitar,” ujar Yoshiyuki Fujioka (President Director of PT Sony Indonesia).

Sony WF-1000XM5 hadir dalam dua pilihan warna. Kedua pilihan warna headset TWS ini adalah hitam dan perak platinum.

Sony WF-1000XM5 memanfaatkan Sony HD Noise Cancelling Processor QN2e dan Sony Integrated Processor V2 untuk ANC (active noise cancellation) -nya. Sony WF-1000XM4 sendiri memanfaatkan Sony Integrated Processor V1 untuk untuk keperluan itu. Sony mengatakan ANC pada Integrated Processor V1 adalah berbasiskan Sony HD Noise Cancelling Processor QN1e. Selain itu, Sony WF-1000XM5 juga dilengkapi dengan dua mikrofon lebih banyak (satu di unit kiri dan satu di unit kanan) — disebut mikrofon umpan balik — dibandingkan Sony WF-1000XM4 sehingga jadi memiliki enam mikrofon.

Sony menjelaskan bahwa ANC dari Sony WF-1000XM5 mampu meredam suara sekitar dengan frekuensi rendah secara lebih baik dibandingkan sebelumnya. Sony mengeklaim perbedaan besar WF-1000XM5 dalam ANC dibandingkan WF-1000XM4 bisa didengar saat berada di kendaraan seperti pesawat terbang, kereta api, dan bus. Selain itu, eartip pada Sony WF-1000XM5 dengan bahan poliuretannya diklaim pula lebih bagus dalam meredam suara sekitar dengan frekuensi tinggi dari sebelumnya.

Bukan Noise Cancellation Saja

Terdapat tiga fitur WF-1000XM5 yang dikedepankan Sony. Selain noise cancellation yang lebih mumpuni, headset TWS Sony ini pun diklaim menawarkan kualitas suara yang lebih tinggi dan kualitas panggilan yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan kata lain, Sony WF-1000XM5 bukan perihal noise cancellation yang lebih mumpuni saja.