Find Us On Social Media :

Gandeng Universal Music, YouTube Siap Hadapi AI di Industri Musik

By Adam Rizal, Rabu, 23 Agustus 2023 | 17:00 WIB

Link dan Cara Download Video YouTube dalam Format MP3.

YouTube menggandeng Universal Music Group (UMG) untuk menghadapi perkembangan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang semakin canggih dalam industri musik.

"Kerjasama ini akan melindungi artis musik dan integritas karya mereka di tengah lingkungan yang dipenuhi dengan teknologi AI," kata CEO YouTube, Neal Mohan.

Kerjasama itu mencakup peluncuran YouTube Music AI Incubator, sebuah program yang dirancang untuk mengeksplorasi potensi AI dalam konteks musik.

Program itu akan melibatkan artis, penulis lagu, dan produser inovatif dalam industri musik untuk menggali kreativitas dan keahlian mereka.

Mohan mengatakan teknologi AI generatif telah diimplementasikan oleh jutaan orang dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pencarian informasi dan peningkatan kreativitas.

"Konten kreator YouTube telah memanfaatkan AI untuk memperkaya proses kreatif mereka," katanya.

Pada 2023, ada lebih dari 1,7 miliar penayangan video yang berhubungan dengan alat AI telah ada di YouTube.

Melalui kemitraan ini, YouTube dan UMG bertujuan untuk lebih memahami cara teknologi ini bisa memberikan manfaat besar bagi artis dan penggemar, serta untuk menjawab tantangan yang mungkin muncul di masa depan.

Beberapa tokoh terkenal dalam industri musik, seperti Anitta, Björn Ulvaeus, Max Richter, Juanes, Rosanne Cash, Ryan Tedder, Yo Gotti, D4vd, dan Frank Sinatra, termasuk dalam kelompok pertama yang terlibat dalam inisiatif ini.

CEO UMG Sir Lucian Grainge mengatakan tujuan dari kemitraan ini adalah untuk menciptakan ekosistem musik dan video yang aman, bertanggung jawab, dan menguntungkan.

"Para artis dan penulis lagu dapat menjaga integritas kreatif mereka, memiliki kontrol atas karya mereka, dan diberi kompensasi yang adil," ujarnya.

Selain itu, YouTube juga telah mengambil langkah untuk melarang konten yang secara teknis dimanipulasi. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penayangan video yang dapat menyebarkan klaim palsu atau menyesatkan, serta menghindari risiko bahaya yang serius.