Find Us On Social Media :

Microsoft AkanHadirkan Banyak Fitur AI ke Aplikasi Windows 11

By Adam Rizal, Sabtu, 26 Agustus 2023 | 09:00 WIB

Windows 11

Microsoft akan menghadirkan banyak fitur artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ke aplikasi Windows 11 termasuk aplikasi Microsoft Paint.

Hal itu membuat Microsoft Paint menjadi aplikasi AI yang mampu membuat kanvas berdasarkan perintah teks.

Fitur AI Microsoft Paint itu berbasis teknologi yang sama di belakang Bing's Image Creator, alat yang mengeluarkan gambar berdasarkan deskripsi dibuat pengguna seperti dikutip The Verge.

Nantinya, tombol Magic Paint akan hadir bersama sidebar dan pengguna dapat memasukkan deskripsi yang kemudian akan menghasilkan gambar.

Pengguna juga dapat mentransfer gambar itu ke kanvas untuk melakukan penyesuaian, yang belum diketahui pasti bagaimana cara kerjanya.

Microsoft juga akan menghadirkan fitur AI ke foto, aplikasi kamera, dan Snipping Tools. Aplikasi foto itu memungkinan pengguna bisa mengidentifikasi orang atau objek di foto mereka, lalu memotong dan menempelkannya di area lain.

Sementara Snipping Tools dan aplikasi Kamera, Microsoft akan menambahkan teknologi pengenalan karakter optik (OCR) di keduanya.

Teknologi itu dapat digunakan pada setiap aplikasi untuk mengidentifikasi teks dalam foto atau tangkapan layar, yang akan membuatnya jauh lebih mudah untuk menyalin dan menempel informasi dari file tersebut.

Hentikan Cortana

Microsoft Cortana

Akhirnya, Microsoft menghentikan penggunaan aplikasi asisten virutal Cortana di sistem operasi Windows 11.

Pengguna yang ingin membuka aplikasi Cortana di Windows 11 akan muncul pemberitahuan yang memberitahu bahwa aplikasi tersebut tidak lagi dapat digunakan.