Find Us On Social Media :

Nih! Tiga Fitur di Google Meet untuk Mengoptimalkan Rapat Online

By Rafki Fachrizal, Rabu, 30 Agustus 2023 | 16:15 WIB

Ilustrasi Google Meet.

Google Meet merupakan platform komunikasi video yang banyak digunakan orang untuk mendukung aktivitas seperti rapat dan konferensi online.

Ketika pandemi Covid-19, kehadiran Google Meet sangat membantu dalam mempermudah kerja tim jarak jauh dan mendorong aktivitas belajar mengajar secara online.

Platform ini juga dapat digunakan untuk melakukan rapat bisnis, presentasi produk, serta pelajaran online sehingga pengguna tidak perlu lagi berkumpul secara langsung di satu tempat namun masih tetap bisa berkomunikasi dengan mudah.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Google Meet juga sangat bermanfaat, seperti fitur screen sharing untuk presentasi atau demonstrasi produk dan fitur rekaman rapat agar peserta lainnya yang absen dapat melihat ulang apa yang sudah disampaikan selama rapat berlangsung.

Selain itu, terdapat pula kemampuan integrasi Google Meet dengan aplikasi G Suite milik Google agar lebih efektif dan efisien.

Selain fitur-fitur tadi, sebenarnya ada beberapa fitur lain yang bisa dimanfaatkan pengguna agar kegiatan rapat online menjadi lebih nyaman dan efektif. Berikut ini beberapa fiturnya:

1. Host control

Saat akan melakukan rapat online di Google Meet, tidak jarang ada hal teknis yang membutuhkan bantuan host; seperti partisipan lain mengalami kesulitan secara teknis untuk unmute, perlu mengatur partisipan yang bisa menampilkan layar, menonaktifkan fitur chat dan lain sebagainya.

Fitur Host control dapat mengatur beberapa hal tersebut dengan mengklik tombol host control di sudut kanan bawah dan mengaktifkan Host management.

Pengguna juga bisa mengalihkan Host ke partisipan lain dengan klik tab People, pilih simbol tiga titik, dan pilih Co-host di partisipan yang kita inginkan.

2. Breakout rooms

Dalam diskusi panel, ada kalanya kita membutuhkan ruang diskusi yang lebih kecil untuk memungkinkan kita berdiskusi secara lebih mendalam.

Fitur Breakout rooms di Google Meet dapat membantu pengguna untuk memiliki ruang yang lebih leluasa untuk bertukar pikiran.