Find Us On Social Media :

Bisa Jadi Ide Jualan Online, Ini Produk Paling Dicari di Tokopedia

By Rafki Fachrizal, Rabu, 30 Agustus 2023 | 19:15 WIB

Ilustrasi Aplikasi Tokopedia.

Sebuah laporan menunjukkan sekitar 80% konsumen digital akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

Sejalan dengan hal tersebut, data internal Tokopedia mencatat, terdapat beberapa kategori produk yang paling banyak dicari masyarakat melalui Tokopedia sepanjang semester I 2023.

Antonia Adega, Corporate Affairs Lead Tokopedia, mengatakan bahwa selama semester I 2023, Fesyen, Olahraga dan Hobi serta Elektronik menjadi beberapa kategori produk yang paling dicari masyarakat melalui Tokopedia.

“Tren pencarian ini bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan bagi pelaku usaha di Indonesia, termasuk UMKM, yang ingin mulai jualan online di Tokopedia,” tutur Antonia.

Untuk mendigitalisasi lebih banyak UMKM, Tokopedia melakukan berbagai upaya edukasi. Salah satunya melalui Pusat Edukasi Seller.

Selain itu, Tokopedia melalui Antonia pun membagikan temuan menarik berkaitan dengan tren pencarian masyarakat lewat Tokopedia sepanjang semester I 2023.

1. Fesyen

Menurut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) pada tahun 2023, ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 7,8% terhadap ekonomi nasional, di mana salah satu kontribusi terbesarnya berasal dari industri kreatif subsektor fesyen dan kriya.

Di Tokopedia sendiri, minat masyarakat terhadap berbagai produk fesyen termasuk dari brand lokal pun makin meningkat. UMKM dapat mengambil peluang bisnis yang menjanjikan tersebut sebagai ide jualan online.

Tokopedia mencatat, sneakers, atasan seperti kaos, kemeja, dan jaket, serta jam tangan analog menjadi beberapa produk fesyen yang paling banyak dicari di semester I 2023.

“Penjual juga bisa pakai fitur Bundling Product untuk menggabungkan beberapa produk dalam satu paket jualan dengan harga lebih terjangkau sehingga mendorong pembeli untuk berbelanja lebih banyak. Teknologi machine learning dari Tokopedia juga dapat merekomendasikan produk mana yang cocok untuk digabungkan dengan fitur Bundling Product,” ujar Antonia.

2. Olahraga dan Hobi

Selain produk fesyen, sepanjang semester I 2023, berbagai produk yang berkaitan dengan onderdil sepeda menjadi yang paling dicari masyarakat. Selain itu, produk hobi juga makin digandrungi masyarakat.

Hal ini terbukti dari produk hobi, seperti action figure, diecast mobil, permainan trading card dan mecha model, menjadi yang paling dicari masyarakat di kategori Olahraga dan Hobi di Tokopedia.

Pelaku usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal, bisa ikut kampanye Tokopedia Sportacular Shopathon untuk mendapatkan exposure lebih terhadap produk olahraga yang dijual.

Di sisi lain, untuk membantu pelaku usaha mendapatkan panggung lebih luas dalam menjual produk yang berkaitan dengan hobi, Tokopedia memiliki kampanye Tokopedia Funstation.

3. Elektronik

Perangkat mobile yang memudahkan masyarakat berkomunikasi dan mengakses informasi dari berbagai tempat menjadi beberapa produk yang paling banyak diminati di Tokopedia.

Handphone Android, iOS, laptop, serta aksesoris pendukungnya menjadi beberapa produk yang paling banyak dicari masyarakat melalui Tokopedia di semester I 2023.

“Pelaku usaha dari berbagai skala bisa memanfaatkan beragam kanal promosi yang ditawarkan oleh Tokopedia Marketing Solutions, misalnya fitur beriklan TopAds. Dengan TopAds, produk bisa tampil teratas di halaman pencarian, dengan modal mulai dari Rp250,” tutup Antonia.

Baca Juga: Tokopedia Beberkan Cara Mengatasi Polusi Udara, Apa Saja?