Find Us On Social Media :

Mirip iPhone, Google Kembangkan Layanan SOS Satelit di Android

By Adam Rizal, Kamis, 31 Agustus 2023 | 15:30 WIB

Google SOS

Google mengembangkan fitur layanan SOS satelit untuk pengguna Android melalui Google Messages, mirip dengan fitur yang ada pada iPhone.

Fitur itu memungkinkan pengguna mengirim pesan darurat dari daerah terpencil tanpa sinyal seluler konvensional.

Pengembang Neïl Rahmouni menemukan kode awal di aplikasi Google Messages yang mengindikasikan adanya integrasi dengan perangkat Garmin dan layanan darurat Garmin Response.

Google juga sedang merancang antarmuka pengguna untuk mengirim pesan ke petugas tanggap darurat. Layanan darurat Garmin Response menggunakan jaringan satelit Iridium yang memiliki cakupan global.

Namun, penggunaan layanan ini memerlukan biaya langganan bulanan sekitar USD 15 pada perangkat Garmin.

Fitur serupa telah diperkenalkan oleh Apple pada iPhone 14 dan 14 Pro. Fitur itu memungkinkan pengguna mengarahkan ponsel ke satelit untuk mendapatkan koneksi dan mengirim pesan darurat terstruktur.

Google berencana untuk menghadirkan layanan ini di lebih dari 150 negara, tetapi belum pasti apakah akan diluncurkan secara global seperti layanan Apple.

Selain Google, Qualcomm juga sedang mengembangkan fitur pesan SOS satelit melalui layanan bernama Snapdragon Satellite.

Perusahaan ini bekerja sama dengan Garmin Response dan beberapa produsen ponsel lainnya untuk mengintegrasikan fitur ini.

Google juga sedang mengupayakan dukungan untuk layanan internet satelit di Android 14, namun akan menghadapi tantangan dalam menyediakan layanan ini di ponsel Pixel atau Samsung yang tidak semuanya menggunakan prosesor Qualcomm.

Hal ini menunjukkan bahwa Google perlu membangun infrastruktur sendiri untuk mendukung fitur darurat ini.

Pixel Terbaru