Find Us On Social Media :

Gunakan AI, Bank Jago Tambah Keamanan, Kenyamanan Pendaftaran Nasabah

By Liana Threestayanti, Kamis, 31 Agustus 2023 | 13:00 WIB

Menggandeng ADVANCE.AI, Bank Jago mentransformasi proses pendaftaran nasabah dengan eKYC berbasis teknologi AI. (Ilustrasi Bank Jago)

Menggandeng ADVANCE.AI, Bank Jago mentransformasi proses pendaftaran nasabah dengan electronic know your customer (eKYC) berbasis teknologi artificial intelligence (AI). 

Penerapan eKYC berbasis AI ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan, meningkatkan kepercayaan dan keamanan pelanggan.

Penerapan solusi eKYC ini memungkinkan nasabah Bank Jago melakukan verifikasi identitas digital dan layanan pendaftaran secara aman, efisien, dan bebas hambatan, serta memenuhi standar keamanan dan kepatuhan yang ketat. 

Disebutkan bahwa solusi eKYC berbasis AI ini menyederhanakan proses pendaftaran nasabah dan menjaga identitas nasabah dengan mencegah aktivitas penipuan yang berasal dari eksploitasi teknologi. Hal ini bertujuan membangun kepercayaan dan kenyamanan bagi nasabah yang melek digital.

"Kami ingin menjadi bank berbasis teknologi yang kuat dan terintegrasi dalam ekosistem digital Indonesia guna memenuhi kebutuhan segmen pasar ritel, mass market, dan usaha kecil dan menengah," ujar Irene Santoso, Head of Consumer Business Customer Value Management Bank Jago.  

Irene menambahkan bahwa melalui kerja sama dengan ADVANCE.AI ini, Bank Jago berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan solusi keuangan yang berfokus pada kehidupan nasabah.

Solusi eKYC ADVANCE.AI mengintegrasikan berbagai fitur, seperti OCR (optical character recognition), deteksi keaktifan, dan perbandingan wajah ke dalam proses pembukaan rekening yang dilakukan nasabah Bank Jago. 

Menurut Irene Santoso, Bank Jago meyakini solusi seperti ini akan menjadikan proses registrasi nasabah secara digital akan menjadi lebih mudah, nyaman, dan aman.

Di Indonesia lanskap perbankan digital berkembang pesat dengan fokus yang mengarah pada kebutuhan generasi milenial dan generasi Z yang melek teknologi. Seiring dengan proses adopsi digital yang pesat, kebutuhan menghadirkan pengalaman nasabah yang baik dengan tetap menjaga kepercayaan dan keamanan nasabah menjadi semakin penting. 

"Masa depan perbankan terletak pada integrasi teknologi untuk menciptakan lingkungan yang aman dan bebas hambatan. Kemitraan kami dengan Bank Jago mencerminkan misi kami untuk memprioritaskan proses pendaftaran nasabah yang aman, terjamin, dan lancar, sehingga memungkinkan lembaga keuangan untuk tetap kompetitif dan patuh dalam lanskap yang dinamis saat ini sekaligus berkontribusi pada agenda nasional, yakni inklusi keuangan untuk semua konsumen dan bisnis di Indonesia," papar Ronald Molenaar, Country Manager Indonesia ADVANCE.AI.

Solus ADVANCE.AI dapat mendukung lembaga keuangan, seperti Bank Jago dalam mencapai kepatuhan terhadap peraturan dan mencegah upaya anti-pencucian uang. Dengan memanfaatkan AI, analisis data, serta kemampuan pemantauan transaksi secara real-time, ADVANCE.AI dapat membantu verifikasi identitas, autentikasi dokumen identitas, memeriksa keberadaan individu, menandai individu yang terkena sanksi atau terdaftar dalam AML, mengidentifikasi individu dengan risiko kredit yang tinggi, dan masih banyak lagi. Pemeriksaan ini akan memungkinkan bank dan lembaga keuangan untuk segera mengatasi potensi risiko selama proses penerimaan nasabah.  

Sampai dengan kuartal II-2023, Bank Jago telah melayani total lebih dari 8,3 juta nasabah, termasuk 6,7 juta nasabah funding, melalui Aplikasi Jago. Dengan memanfaatkan solusi dan teknologi eKYC ADVANCE.AI, Bank Jago membuka akses yang lebih luas terhadap layanan perbankan di seluruh Indonesia, meningkatkan kehidupan jutaan orang serta menjembatani kesenjangan inklusi keuangan untuk membantu membangun masyarakat yang lebih berdaya secara ekonomi.

Baca juga: Google BigQuery Studio Mampu Analisis dan Kelola Data AI Secara Masif

Baca juga: Begini Cara Penjahat Siber Memanfaatkan AI untuk Serangan Siber