Find Us On Social Media :

Apa itu Asisten Virtual Google Assistant, Fungsi dan Keunggulannya?

By Adam Rizal, Jumat, 1 September 2023 | 09:00 WIB

Google Assistant

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Google Assistant. Nama ini sudah pasti terkenal karena merupakan salah satu teknologi kecerdasan buatan Google. Banyak orang memakainya sebagai asisten virtual sehari – hari, karena penggunaannya juga sangat mudah.

Sebagai salah satu kecerdasan buatan, teknologi ini sudah sangat terpercaya untuk menjadi asisten virtual. Kalian juga bisa memakainya secara gratis dan memakai perangkat apa saja. Misalnya android, IOS, dan laptop, semuanya pasti mendukung dengan tampilan yang sama.

Uniknya lagi, banyak orang yang menggunakan Google Assistant tidak hanya sebatas untuk membantu kegiatan sehari – hari, namun juga untuk menghibur diri, karena ternyata teknologi kecerdasan buatan ini juga memiliki fungsi bercanda dengan caranya sendiri.

Bagi kalian yang belum pernah memakainya untuk asisten virtual gratis sehari – hari, coba gunakan kecerdasan buatan ini agar kehidupan menjadi lebih berwarna dan terbantu. Namun sebelum itu, pahami dulu apa saja fungsi dan kelebihan dari aplikasinya.

7 Fungsi Kecerdasan Buatan Google Assistant

Sebagai kecerdasan buatan yang serba bisa, kalian bisa memahami bahwa ada beberapa fungsi utama dari asisten virtual buatan Google ini. Berikut adalah beberapa fungsi yang sangat terkenal dan banyak dimanfaatkan oleh para pengguna. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Memberikan Informasi

Fungsi utama Google Assistant adalah untuk memberikan informasi pada pengguna. Fungsi ini menjadi fitur umum, karena biasanya orang – orang memang memakai Google untuk mencari informasi di internet, misalnya informasi cara memesan tiket atau informasi pengetahuan.

Namun bedanya adalah kali ini kalian akan memakai suara untuk mencari informasi di Google. Caranya adalah dengan mengucapkan kalimat pertanyaan dengan jelas. Asisten virtual ini juga hanya akan membuka browser Google untuk memberikan informasi sesuai permintaan kalian.

Menjalankan Perintah untuk Terhubung ke Aplikasi Lain

Fungsi kedua adalah bisa menjalankan perintah dari pengguna untuk terhubung dengan aplikasi lain. Google Assistant memang memiliki akses mudah ke berbagai aplikasi lain di perangkat, namun kalian harus memberinya izin dulu untuk mengakses berbagai jenis aplikasi lainnya.

Contoh perintah untuk terhubung dengan aplikasi lain adalah saat kalian ingin melihat foto. Asisten virtual ini bisa memenuhi permintaan pengguna dengan suara. Kalian bisa mengatakan tunjukkan saya foto terbaru, maka asisten ini akan mengakses aplikasi galeri atau Google photo.

Memainkan Musik dan Video

Asisten ini juga memiliki fungsi dapat memainkan musik dan video saat mendapat perintah dari pengguna. Kalian bisa meminta musik dan video apa saja, asalkan sudah mengucapkan nama musik dan video secara jelas, karena nanti asisten virtual ini akan membuka aplikasi youtube.

Namun, kalian juga bisa meminta Google Assistant untuk memainkan musik dan video yang sudah ada di perangkat saja. Namun perintahnya harus lebih jelas dan runtut agar asisten tidak salah, misalnya perintahkan untuk membuka storage dulu, baru memilih salah satu judul video.

Mengirim Pesan dan Melakukan Panggilan

Fungsi lainnya adalah dapat mengirim pesan dan melakukan panggilan. Fungsi ini sangat penting karena cukup membantu. Bagi pengguna yang sering tidak bisa menjangkau perangkat untuk mengirim pesan atau melakukan panggilan, bisa langsung memerintah asisten virtual ini.

Sama halnya dengan memberi perintah untuk memainkan musik dan video, kalian juga harus memberi perintah jelas dan runtut. Berikan perintah jelas tentang siapa penerima panggilan dan siapa yang harus menerima pesan, kemudian pastikan kontak penerimanya juga sudah ada.