Find Us On Social Media :

DOKU Dukung Startup EasyEat Hadirkan Pengalaman Dine-In Kekinian

By Rafki Fachrizal, Jumat, 1 September 2023 | 10:45 WIB

Bangkitnya industri kafe/restoran pasca pandemi dan redanya ketentuan untuk social distancing membuat motivasi penggemar kuliner semakin variatif, di mana pengunjung datang ke kafe/restoran tidak hanya untuk makan, tetapi juga nongkrong, meeting hingga work from cafe (WFC).

Tren lifestyle ini menginspirasi  bisnis F&B untuk berinovasi guna meningkatkan kenyamanan pengunjung ketika dine-in.

EasyEat, startup pengembang platform untuk sistem manajemen pemesanan makanan untuk kafe/restoran asal Singapura, berkolaborasi dengan DOKU untuk mewujudkan pengalaman dine-in kekinian yang lebih praktis untuk memfasilitasi ritme kehidupan masyarakat modern yang serba cepat dan dinamis.

CEO EasyEat, Wassem Mohd. menjelaskan, ”Urusan memilih menu dan memesan makanan bisa jadi menantang baik bagi pramusaji maupun pelanggan ketika dine-in di kafe/restoran. Kegiatan ini berpotensi memakan waktu cukuplama, menambah tumpukan antrian dan berakibat kurang nyaman jika tidak dikelola dengan baik.”

Dengan platform EasyEat, menurut Wassem tantangan seperti itu dapat teratasi karena semua proses tersebut dilakukan secara real-time.

“Lebih canggihnya lagi, berkat kolaborasi  bersama DOKU, kini pelanggan tidak hanya dapat memilih menu dan memesan makanan via smartphone mereka, tapi juga bisa langsung membayar pesanan mereka menggunakan metode pembayaran yang diinginkan, semua dalam satu platform yang sama,” lanjutnya.

Pasca-pandemi, tren dine-in mulai kembali diminati. Menurut hasil riset sebuah lembaga independen, 79% konsumen sudah tidak ragu lagi untuk kembali makan di restoran.

Tren lifestyle ini berpotensi memperluas adopsi layanan EasyEat di Indonesia, di mana saat ini tercatat lebih dari 500 kafe/restoran di Indonesia telah menggunakan solusi EasyEat, di antaranya seperti Lawless Burger, Feel Matcha, Papa Ron’s Pizza, Kopi Oey, Lokaholik, Electra Cafetaria (Gedung PT PLN Persero), dll.

Di salah satu negara pasarnya, Malaysia, EasyEat telah melayani setidaknya ribuan kafe/restoran, terhitung sejak mulai beroperasi tahun 2020.

Platform EasyEat memudahkan pengunjung dalam melihat dan memesan menu dengan QR tanpa harus mengunduh aplikasi apapun.

Setelah scan QR yang disediakan oleh EasyEat, pengunjung restoran dapat langsung melihat dan memesan makanan tanpa harus menunggu pramusaji datang.

Setelah itu, pengunjung dapat langsung melakukan proses pembayaran dengan pilihan opsi bayar beragam dan menunggu makanan datang setelah proses pembayaran selesai.

Hal tersebut juga dilakukan hanya melalui smartphone tanpa perlu ke kasir. EasyEat memberikan kemudahan dan efisiensi untuk pelanggan serta pihak restoran.