Find Us On Social Media :

Tok! Pemerintah China Akhirnya Izinkan Pesaing ChatGPT Ini Meluncur

By Rafki Fachrizal, Jumat, 1 September 2023 | 12:15 WIB

Ilustrasi Ernie Bot.

Kemunculan ChatGPT telah mendorong banyak perusahaan teknologi besar di dunia untuk menghadirkan inovasi generative AI (artificial intelligence) serupa.

Salah satunya seperti Baidu yang menciptakan generative AI bernama Ernie Bot.

Kabar terbaru, Baidu sudah secara resmi meluncurkan Ernie Bot ke publik pada Kamis (31/8/2023) setelah mendapatkan persetujuan pemerintah China.

Selain Baidu, beberapa perusahaan lain yang mendapat izin dari pemerintah Tiongkok untuk meluncurkan aplikasi generative AI termasuk SenseTime, Baichuan Intelligent Technology, Zhipu AI, dan MiniMax.

Ernie Bot sekarang sudah dapat di-download dari toko aplikasi atau situs web Baidu, sebagaimana dikutip dari The Verge.

Sebelumnya, Ernie Bot sudah dirilis pada Maret lalu namun ketersediaannya terbatas.

Sama seperti saingan utamanya, ChatGPT, setiap pengguna bisa mengajukan pertanyaan kepada Ernie Bot atau memintanya untuk membantu mengerjakan tugas dalam bentuk teks seperti menulis analisis pasar, memberikan ide slogan pemasaran, dan meringkas dokumen.

Baidu mengatakan bahwa Ernie Bot sudah tersedia secara global, tetapi pengguna membutuhkan nomor telepon China untuk mendaftar dan masuk.

Saat ini, aplikasi Ernie Bot hanya dalam bahasa Mandarin. Selain itu, Baidu juga membuka pasar plug-in untuk Ernie Bot.

Perwakilan perusahaan mengatakan bahwa Ernie Bot telah melampaui 1 juta pengguna dalam 19 jam pertama sejak diluncurkan.

“Kami sangat senang mengumumkan bahwa Ernie Bot kini terbuka penuh untuk masyarakat umum mulai 31 Agustus,” kata Baidu dalam pernyataannya.

Selain Ernie Bot, perusahaan juga diketahui berencana untuk meluncurkan "serangkaian aplikasi AI-native baru yang memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya merasakan empat kemampuan inti dari generative AI: pemahaman, pembuatan, penalaran, dan memori."

Salah satu pendiri dan CEO Baidu, Robin Li, mengatakan dalam pernyataan yang sama bahwa perusahaan akan mengumpulkan "umpan balik dari manusia di dunia nyata yang sangat berharga" untuk meningkatkan model fondasinya dan menghadirkan lebih banyak inovasi pada Ernie Bot.