Find Us On Social Media :

OpenAI Hadirkan Fitur Shared Links untuk ChatGPT, Ini Fungsinya

By Adam Rizal, Senin, 4 September 2023 | 09:00 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

OpenAI menambahkan fitur terbaru Shared Links ke dalam chatbot AI ChatGPT. Fitur itu memungkinkan Anda berbagi tautan percakapan Anda, mengingat salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna ChatGPT adalah kesulitan berbagi hasil percakapan.

Selama ini Anda hanya mampu berbagi percakapan melalui tangkapan layar dan ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan membagikan riwayat percakapan ChatGPT Anda.

Seperti namanya, ChatGPT shared links memungkinkan pengguna membuat tautan unik yang mengarah ke percakapan ChatGPT mereka.

Tautan URL itu bisa dibagikan seperti tautan biasa, menggantikan metode yang lebih rumit seperti tangkapan layar dan prompt tertentu.

Fitur ChatGPT shared links mirip dengan tautan berbagi pada umumnya. Anda dapat membagikan tautan dan orang yang menerima tautan dapat melihat isi percakapan Anda.

Di peramban web ChatGPT (sayangnya, belum ada dukungan untuk iOS), Anda akan melihat ikon baru di riwayat chat Anda. Pilih percakapan ChatGPT yang ingin Anda bagikan, kemudian klik ikon berbagi.

Siapa pun yang memiliki URL dapat melanjutkan percakapan ChatGPT yang telah Anda bagikan.

Penting untuk mempertimbangkan isi percakapan ChatGPT yang Anda bagikan, karena seluruh riwayat percakapan dapat diakses oleh penerima tautan.

Anda dapat mengakses daftar tautan yang telah Anda bagikan melalui Pengaturan ChatGPT.

Pilih profil pengguna Anda di pojok kiri bawah, lalu masuk ke Pengaturan. Pilih Kontrol Data > Shared Links. Di sini, Anda akan melihat daftar URL yang telah Anda bagikan.

Untuk menghapus percakapan yang telah Anda bagikan, cukup klik ikon tong sampah. Jika Anda ingin menghapus semua tautan berbagi sekaligus, klik ikon tiga titik, lalu pilih Hapus semua shared links.

Saat ini, fitur ChatGPT shared masih dalam tahap awal, tetapi di masa depan, kita mungkin akan melihat lebih banyak kontrol dan opsi terkait dengan izin.