Find Us On Social Media :

iBooming Pakai AI untuk Mengoptimalkan Brand dan Influencer di TikTok

By Rafki Fachrizal, Senin, 4 September 2023 | 13:45 WIB

Ilustrasi iBooming.

TikTok menjadi aplikasi media sosial yang digandrungi banyak orang dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya jumlah pengguna di Tanah Air.

Menurut laporan firma riset Statista, jumlah pengguna TikTok di Indonesia tercatat sebanyak 113 juta per April 2023.

Di sisi lain, tak sedikit pula orang yang berlomba-lomba menjadi influencer atau content creator di TikTok demi bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Cara yang dilakukan para influencer di TikTok untuk mendapatkan ‘cuan’ biasanya dengan membuat konten video promosi sebuah produk dan menyematkan ‘keranjang kuning’.

Konten video promosi bisa dibuat setelah influencer bekerja sama dengan sebuah brand. Pendapatan akan didapatkan sesuai dengan produk yang terjual atau seberapa banyak penonton video yang membeli produk. Kerja sama seperti ini sendiri disebut program afiliasi.

Untuk mempermudah kerja sama antara brand dengan influencer di TikTok, startup iBooming menghadirkan platform berbasis SaaS (Software as a Service).

iBooming memungkinkan brand dan influencer untuk mengoptimalkan strategi konten, memperluas jangkauan, dan meningkatkan monetisasi.

Saat ini, iBooming sendiri sudah dibekali dengan teknologi AI (Artificial Intellligence) alias kecerdasan buatan.

“Di tahun 2022, kami memperbarui iBooming dengan teknologi AI yang dapat menganalisis. Ini di mana juga dapat menyebarluaskan produk endorsement berdasarkan data,” jelas Tomy Li, Co-Founder & Chief Operating Officer, iBooming, di sela-sela acara ‘iBooming TikTok Creator and Brand Fair 2023’.

Dengan didukung oleh AI, menurut Tomy juga akan memungkinkan brand dan influencer untuk meningkatkan visibilitas produk dan mencapai kesuksesan di pasar global.

Tomy Li, Co-Founder & Chief Operating Officer, iBooming.

Jamin Keamanan Data

Dipaparkan Tomy, hingga kini iBooming sudah memiliki sekitar ratusan ribu pengguna (influencer). “Dari sisi pengguna, dari pertama bangun sampai hari ini kita sudah ada sekitar 800.000 pengguna, yang di mana kita punya puluhan ribu mentor online yang menginkubasi ratusan ribu influencer sekarang,” kata Tomy.