Find Us On Social Media :

Meta Bakal Hadirkan Facebook-Instagram Berbayar Tanpa Iklan di Eropa

By Adam Rizal, Selasa, 5 September 2023 | 16:30 WIB

Ilustrasi Meta

Meta akan menyediakan layanan Facebook dan Instagram versi berbayar tanpa iklan bagi pengguna di Eropa, menyusul Uni Eropa yang khawatir mengenai privasi data pengguna dan iklan.

Nantinya, Meta akan tetap menyediakan layanan Facebook dan Instagram versi gratis dengan iklan di Eropa walaupun layanan berlangganan versi tanpa iklan sudah meluncur.

Hal itu membuat pengguna Facebook dan Instagram di Uni Eropa banyak pilihan apakah ingin menggunakan versi berbayar atau versi gratis dengan iklan.

Saat ini Meta belum menentukan besaran biaya yang akan dikenakan kepada pengguna atau kapan versi berbayar dari Facebook dan Instagram akan diluncurkan di Eropa. Meta belum memberikan pernyataan resmi mengenai hal ini.

Meta sendiri sering menghadapi masalah pelanggaran privasi data di Eropa karena peraturan GDPR (General Data Protection Regulation) dari Uni Eropa. Baru-baru ini, Meta didenda sebesar 1,3 miliar USD karena mengirim data pengguna Eropa ke AS.

Sebelumnya, Meta telah menghadirkan opsi khusus kepada pengguna di Eropa untuk menonaktifkan iklan yang disesuaikan yang mengumpulkan data pengguna.

Akhirnya Meta memutuskan untuk mengaktifkannya secara default untuk semua pengguna karena tekanan dari Uni Eropa.

Bahkan, Meta harus menunda peluncuran media sosial baru mereka, Threads, di Eropa karena hambatan regulasi tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa Uni Eropa memiliki standar yang ketat dalam mengatur privasi data pengguna.

Kode AI

Model AI Meta Code Llama Bantu Anda Kembangkan Program Komputer

Meta mengembangkan model artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan Code Llama.