Find Us On Social Media :

Schneider Electric Perkenalkan 'Sustainability School' di Tanah Air

By Rafki Fachrizal, Selasa, 5 September 2023 | 10:30 WIB

Ilustrasi Schneider Electric

Schneider Electric memperkenalkan ‘Sustainability School’ yang ditujukan untuk membantu perusahaan atau organisasi di dunia mengatasi tantangan dasar dalam bertransformasi.

Platform digital yang dapat diakses secara gratis ini menyediakan berbagai pelatihan interaktif yang bertujuan untuk membekali perusahaan dan para profesional dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja sustainability (keberlanjutan) mereka.

Menurut hasil penelitian Schneider Electric terhadap C-level executive dan tenaga profesional pada 2022 lalu menunjukkan bahwa sebagian besar organisasi terkemuka di Asia, termasuk Indonesia, menyadari pentingnya memanifestasikan aspek sustainability dalam strategi bisnis perusahaan.

Namun baru 41% yang sudah menerjemahkan strategi sustainability-nya dalam sebuah perencanaan yang jelas dan terukur.

Hampir 70% mengatakan penyebab utama adalah kendala internal seperti pola pikir, pengetahuan dan budaya perusahaan yang belum mendukung transformasi, serta kurangnya data penunjang untuk membuat perencanaan strategis.

Menyelaraskan pola pikir dan wawasan terkait upaya sustainability dan bagaimana tiap individu dengan peran berbeda-beda dalam perusahaan dapat berperan untuk mencapai tujuan sustainability merupakan pondasi penting yang menentukan keberhasilan transformasi perusahaan.

Hal inilah yang melatarbelakangi Schneider Electric memperkenalkan Sustanability School.

Pertama kali diluncurkan, Sustainability School diperuntukkan bagi para karyawan Schneider Electric untuk meningkatkan wawasan dan keahliannya dalam hal sustainability agar dapat mendukung ekosistem mitra perusahaan dengan lebih baik.

Sekarang program yang terdiri dari tiga bagian ini tersedia secara eksternal untuk para profesional dan perusahaan dari berbagai skala, memfasilitasi kebutuhan mereka dalam mengambil langkah pertama menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

"Sustainability School Schneider Electric adalah langkah besar kami selanjutnya untuk membuktikan bahwa perusahaan tidak hanya dapat menjalankan bisnis yang lebih baik untuk planet ini, namun juga dapat meningkatkan kinerja mereka secara fundamental dengan melakukannya," ujar Roberto Rossi, Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste.

"Kami dengan bangga memperkenalkan platform pelatihan online terbaru, yang dirancang untuk mengedukasi dan menginspirasi individu dan organisasi untuk mengadopsi praktik-praktik sustainability. Sustainability merupakan inti dari bisnis kami, dan kami percaya bahwa pengetahuan adalah kunci untuk mendorong perubahan dan menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan. Melalui Sustainability School ini, Schneider Electric ingin memberdayakan setiap individu untuk meningkatkan kemampuannya dan menjadi Green Heroes for Life dalam kapasitasnya dan di lingkungan terdekatnya,” lanjutnya.

Dekarbonisasi ekonomi adalah peluang bisnis

Perjanjian Paris 2015 memicu gerakan di seluruh sektor ekonomi untuk mengurangi atau menghilangkan emisi karbon. Survei Gartner baru-baru ini menemukan bahwa 87% pemimpin bisnis memperkirakan alokasi pengeluaran mereka untuk sustainability akan meningkat dalam dua tahun ke depan.