Find Us On Social Media :

Find N2 Flip Jadi Kunci Sukses Oppo Rajai Pasar HP di Indonesia

By Adam Rizal, Rabu, 6 September 2023 | 13:00 WIB

OPPO Find N2 Flip dukung fast charging 44 watt

Oppo sukses merajai pasar HP di Indonesia pada kuartal II-2023 dengan menggeser Samsung yang saat harus puas berada di posisi kedua.

Firma riset Canalys melaporkan Oppo membukukan pangsa pasar 20 persen pada kuartal yang jatuh pada April-Juli, turun 7 persen dibanding pangsa pasar Oppo kuartal II-2022.

Sheng Win Chow (Analis Canalys) mengatakan salah satu kunci sukses pertumbuhan pangsa pasar Oppo di Indonesia adalah adanya perluasan kapasitas produksi lokal di pabrik Oppo yang berada di kawasan Tangerang, Banten, khususnya untuk merakit ponsel lipat Oppo Find N2 Flip.

Oppo Find N2 Flip adalah HP lipat pertama Oppo di Indonesia sekaligus smartphone flagship pertama yang dirakit di Indonesia. Sebelumnya, pabrik Oppo di Tangerang menggarap berbagai lini ponsel Oppo, mulai dari A Series hingga Reno Series.

"Oppo Find N2 Flip di kuartal II-2023 memang menjadi penyumbang terbesar market share Oppo di Indonesia saat ini," kata Chief Marketing Officer Oppo Indonesia, Patrick Owen dalam pernyataan.

Patrick mengatakan strategi pemasaran Oppo untuk HP lipatnya itu turut berkontribusi mendorong kesuksesan Find N2 Flip. Pertumbuhan positif tersebut juga memotivasi Oppo untuk menghadirkan ponsel lipat generasi baru di Indonesia. Setelah Find N2 Flip, Oppo berencana memboyong ponsel lipat anyarnya ke Indonesia, yakni Find N3.

Ponsel ini juga sudah terdaftar di laman sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri Kementerian Perindustrian (TKDN Kemeneperin) dan Pos dan Telekomunikasi (Postel) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Berbeda dengan Find N2 Flip yang menggunakan konsep lipatan ke atas mirip cangkang kerang (clamshell), Find N3 dilipat secara horisontal atau menyamping, layaknya membuka buku.

Daftar Lima Besar

realme 11 Pro+ 5G

Firma riset Canalys mengungkapkan daftar 5 vendor smartphone terbesar di Indonesia pada kuartal II-2023. Hasilnya, Oppo berhasil menguasai pangsa pasar smartphone di Indonesia menggeser Samsung.

Di bawah Oppo, ada Samsung, Vivo, Xiaomi dan Transsion atau Infinix yang melengkapi daftar lima besar pabrikan HP terbesar di Indonesia pada kuartal II-2023. Ironisnya, realme harus terdepak walaupun sudah menghasilkan smartphone murah di Indonesia.

Kampanye masif dan model-model HP murah berkualitas Infinix sukses menggeser realme dari lima besar pabrikan HP di Indonesia. Kini Transsion menguasai pangsa pasar HP di Indonesia sebesar 13 persen.