Find Us On Social Media :

8x8 Rilis API Komunikasi untuk Cegah Pelanggan dari SMS Penipuan

By Rafki Fachrizal, Jumat, 8 September 2023 | 12:45 WIB

Stephen Hamill, General Manager, CPaaS 8x8, Inc.

Penyedia layanan cloud contact center, 8x8, Inc, mengumumkan solusi 8x8 Omni Shield. Solusi terbaru itu memungkinkan perusahaan untuk secara proaktif melindungi pelanggan mereka dari aktivitas SMS penipuan.

API komunikasi pencegah SMS penipuan ini merupakan bagian dari portofolio 8x8 (CPaaS Communications Platform as a Service), yang membantu perusahaan mendorong pertumbuhan bisnis dengan mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi, termasuk SMS, suara, aplikasi chatting, dan interaksi video untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Penipuan via SMS adalah otomatisasi pengiriman pesan SMS bervolume tinggi dan berbiaya tinggi yang dapat dimonetisasi oleh penjahat siber dengan menagih biaya pengiriman pesan ke perusahaan yang tidak sadar telah menjadi korban penipuan.

Berdasarkan Fraud Loss Survey Report 2021 yang dirilis Communications Fraud Control Association, aktivitas SMS penipuan, seperti penipuan pulsa atau penipuan investasi internasional, diperkirakan telah mengakibatkan kerugian lebih dari US$6,7 miliar secara global pada tahun 2021.

Ketika industri telekomunikasi bergulat dengan kerugian yang signifikan, banyak penyedia SMS berusaha keras untuk mengatasi penipuan.

Ketika tuntutan akan solusi mutakhir semakin mendesak, 8x8 mengambil langkah-langkah proaktif untuk memberikan perlindungan maksimal bagi pelanggan korporasi mereka.

"Dampak dari penipuan via SMS dan kerugian yang ditimbulkannya terhadap pengalaman pelanggan dan reputasi suatu brand, bisa amat luar biasa, belum lagi biayanya yang sangat mahal. Guna memenuhi tuntutan yang terus berubah dari pelanggan, kami secara berkelanjutan memperbarui portofolio 8x8 CPaaS dengan mengevaluasi titik-titik permasalahan pelanggan dan mengembangkan solusi yang akan memberikan nilai bisnis yang signifikan," ujar Stephen Hamill, General Manager, CPaaS 8x8, Inc.

"Menghadirkan solusi yang benar-benar mengubah paradigma para pelanggan adalah sasaran utama kami. Kami sangat senang dengan hasil yang diperoleh dari para pengguna awal untuk solusi Omni Shield kami, termasuk pengurangan lalu lintas penipuan sebesar 80%."

Sementara itu, Kevin Sugiarto, Senior Vice President of Product Strategic Integration, Privy menekankan pentingnya 8x8 CPaaS dan API komunikasi pencegah SMS penipuan terbaru untuk mencapai standar tertinggi komunikasi yang aman dan dapat diandalkan.

"Di era ancaman digital yang terus berkembang, Privy mengandalkan 8x8 CPaaS dan solusi Omni Shield untuk menjaga saluran komunikasi kami tetap terlindungi. Kami tidak hanya ingin mencegah penipuan, tetapi juga melindungi reputasi brand kami, sekaligus meningkatkan layanan dan memberikan nilai yang tak tertandingi kepada pelanggan kami. Kami memelopori penggunaan standar keamanan baru dan meningkatkan pengalaman pelanggan kami,” jelas Kevin.

Solusi 8x8 Omni Shield, yang diperkaya dengan API komunikasi, terintegrasi secara mulus dengan pesan real-time, di seluruh aplikasi web dan seluler, dan secara proaktif mendeteksi dan mencegah aktivitas penipuan melalui otomatisasi notifikasi penipuan, notifikasi real-time, pemantauan lalu lintas secara langsung, dan pemeriksaan nomor telepon secara instan.

8x8 CPaaS, yang mencakup SMS, suara, aplikasi chatting, dan interaksi video, berfungsi sebagai pendukung utama komunikasi bisnis dan pengalaman pelanggan dalam transformasi digital yang terus berkembang.

8x8 CPaaS merupakan bagian dari 8x8 XCaaS™ (eXperience Communications as a Service) cloud contact center terintegrasi, telepon bisnis, percakapan tim, rapat video, dan platform SMS.

Baca Juga: Marak Modus Penipuan Transaksi Digital, Ini Lima Tips Biar Terhindar