Find Us On Social Media :

Anantarupa Studios Hadirkan Game Pertarungan Seru Gurudharma di India

By Adam Rizal, Kamis, 7 September 2023 | 17:00 WIB

Anantarupa Studios Hadirkan Game Seru Gurudharma di India

Sebagai salah satu pengembang game asal Indonesia, Anantarupa Studios ingin melebarkan sayapnya ke dunia Internasional. Untuk kali ini, sasarannya adalah mengejar potensi bisnis di Asia seperti di India.

Setelah sebelumnya berhasil meluncurkan Lokapala yang merupakan game MOBA pertama dari Indonesia, Anantarupa Studios menggandeng Equinox Virtual dan nCore Games dalam membuat game untuk pemain di India.

Alasan mengapa Anantarupa Studios memilih untuk masuk ke pasar di India adalah murni karena potensi bisnis dan kemiripan budaya antara Indonesia dan India. Chief Executive Officer (CEO) dari Anantarupa Studios mengatakan penduduk negara India itu sekarang adalah yang terbanyak di dunia, perkembangan dunia game-nya pun sedang tumbuh pesat. Sedangkan pemerintah India mengeluarkan aturan larangan akan game asing, khususnya game dari Tiongkok.

"Potensi ini membuat peluang bisnis bagi kita di Indonesia untuk masuk ke pasar game di India dan mengembangkan game di sana," ujarnya.

Selain karena potensi akan bisnisnya, India juga memiliki keragaman budaya yang memiliki akar yang kurang lebih mirip dengan akar budaya Indonesia yang berasal dari Nusantara. Nilai-nilai kepemimpinan dan keksatriyaan Astabrata yang menjadi pondasi dari cerita di game Lokapala juga hadir di rumpun budaya di India.

“Kemiripan rumpun budaya antara India dan Indonesia ini juga membuka peluang bagi kita untuk mengangkat sejarah dan budaya Indonesia ke tingkat dunia. Itu yang dinamakan dengan Diplomasi Budaya, yang harapannya akan membuat Indonesia semakin harum namanya di dunia Internasional," tambah Ivan.

Diana Paskarina selaku Chief Operating Officer (COO) dari Anantarupa Studios menambahkan, "Ini adalah fase yang menarik bagi kami untuk mengintegrasikan keterampilan pengembangan kami dengan cerita yang kaya, dan Anantarupa Studios bangga berkontribusi dengan keahlian teknis kami pada usaha yang menarik ini."

Equinox Virtual dan nCore Games yang digandeng oleh Anantarupa Studios juga bukan perusahaan sembarangan. Ram Madhvani dan Amita Madhvani adalah pendiri dari Equinox Virtual, mereka adalah tim kreatif di balik film pemenang penghargaan nasional "Neerja" dan seri yang dinominasikan untuk Emmy "Aarya”.

nCore Games itu sendiri adalah perusahaan penerbit game mobile dari India yang dikenal lewat game multiplayer dan memiliki kekuatan utama dalam bercerita yang mengusung mitologi budaya India.

Dengan keahlian mereka dalam menciptakan hiburan yang memukau, bersama Anantarupa Studios sebagai pengembang game, maka hadirlah Gurudharma: The Age of Bravery, sebuah permainan pertarungan daring multiplayer berbasis mobile yang terinspirasi dari mitologi India.

Upaya kolaboratif ini bertujuan untuk mengintegrasikan cerita sinematik dengan mekanik permainan yang menarik dan dunia permainan yang penuh adrenalin, menyasar pemain di India dan seluruh dunia.

Karena industri game India yang terus berkembang, kolaborasi ini menandakan penyatuan narasi India dengan permainan kompetitif dan akan membawa cerita-cerita yang hidup di arena permainan. Harapannya ini dapat memberikan pengalaman yang memikat bagi para pemain.