Find Us On Social Media :

Tantang ChatGPT Plus, Anthropic Luncurkan Claude Pro Versi Berbayar

By Adam Rizal, Minggu, 10 September 2023 | 15:00 WIB

Claude AI

Anthropic meluncurkan chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan Claude Pro versi berbayar dari asisten berbasis web mereka yang disebut Claude.ai. Chatbot Claude Pro adalah antarmuka percakapan untuk model bahasa besar Claude 2.

Sama seperti ChatGPT yang menyediakan pembungkus aplikasi untuk GPT-3.5 dan GPT-4, Claude.ai adalah antarmuka untuk model Claude 2.

Perbedaan utama yang diklaim oleh perusahaan adalah bahwa chatbot mereka memiliki jendela konteks yang lebih panjang, menghasilkan keluaran yang lebih cepat, dan memiliki kemampuan penalaran yang lebih kompleks daripada ChatGPT Plus milik OpenAI.

Anthropic mengungkapkan beberapa pengguna mengharapkan untuk dapat mengunggah lebih banyak file dan melakukan percakapan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dengan Claude Pro, pelanggan sekarang dapat mengakses model terbaru mereka dengan lima kali lipat lebih banyak penggunaan.

Claude Pro akan tersedia dengan biaya $20 per bulan atau £18 per bulan, yang memberikan akses prioritas ke chatbot selama periode lalu lintas tinggi dan akses awal ke fitur-fitur baru saat fitur-fitur tersebut diluncurkan.

Seperti ChatGPT Plus, Claude Pro juga memiliki kemampuan untuk menulis teks, merangkum, melakukan analisis, memecahkan teka-teki logika, dan banyak lagi.

Meskipun kemampuannya serupa, Claude Pro memiliki keunggulan dengan jendela konteks yang lebih besar, yaitu 100.000 token untuk memproses sekitar 75.000 kata sekaligus, sementara ChatGPT hanya dapat memproses sekitar 8.000 token dalam mode GPT-4.

Keunggulan Claude AI

Saat ini ChatGPT jadi chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan paling populer di pasar dengan ratusan pengguna setiap bulannya. ChatGPT berbasismodel bahasa besar (LLM) GPT-3.5 hadir dalam versi gratis di publik.

Jika Anda ingin ChatGPT yang lebih canggih lagi, Anda bisa mencoba berlangganan bulanan ChatGPT Plus yang berbasis LLM GPT-4.

Kesuksesan OpenAI memperkenalkan ChatGPT itu menginspirasi perusahaan teknologi lainnya untuk memperkenalkan layanan serupa seperti Bing AI dari Microsoft, Bard dari Google, dan Claude dari Anthropic, sebagai contoh.