Find Us On Social Media :

Twilio CustomerAI Perkuat Platform Relasi Pelanggan Generasi Terbaru

By Adam Rizal, Senin, 11 September 2023 | 15:30 WIB

Twilio merilis solusi CustomerAI yang mampu mengoptimalkan kekuatan dari kecerdasan artifisial (AI) bagi bisnis.

Twilio merilis solusi CustomerAI yang mampu mengoptimalkan kekuatan dari kecerdasan artifisial (AI) bagi bisnis.

Tak hanya itu, serangkaian peranti AI dengan kemampuan prediktif dan generatif mutakhir, bersama dengan sejumlah inovasi di bidang Platform Data Pelanggan yang kian memperkuat pemanfaatan AI, turut menjadi bagian dalam peluncuran ini.

"Dunia dikejutkan oleh hadirnya gelombang perubahan di bidang teknologi dalam satu tahun terakhir ini yang membawa kejutan besar seperti tatkala pertama kali Internet diperkenalkan. AI benar-benar telah menarik hati dan pikiran para pelaku digital marketing di seluruh dunia," kata Jeff Lawson, CEO Twilio.

"Ada dua hal pokok yang menurut saya akan menjadi fondasi utama untuk tercapainya nilai yang sesungguhnya dalam mengoptimalkan pemanfaatan AI, yakni pengembangan large language model yang dipadukan dengan data pihak pertama, dan di sinilah keunikan Twilio. Dengan CustomerAI, kecerdasan artifisial terfokus pada kebutuhan pelanggan, mendorong pelaku bisnis untuk berinteraksi secara kian personal melalui pendekatan analisis data di setiap titik interaksi," ujarnya.

"Hari ini kami mengumumkan serangkaian kapabilitas baru pada CustomerAI yang membuat AI kian lebih mudah diakses, menghadirkan platform interaksi pelanggan yang lebih dinamis dan personal bagi setiap pelanggan. Seiring dengan perkembangan kecerdasan AI yang semakin canggih dan dapat disesuaikan setiap saat, setiap interaksi menciptakan data dan sinyal baru, dan setiap sinyal baru dapat diolah kembali untuk mendukung komunikasi berbasis AI yang lebih akurat," ujar Kathryn Murphy, SVP of Product di Twilio.

"Strategi marketing flywheel ini menciptakan personalisasi 1:1 yang tepat, memastikan bahwa setiap pelanggan terlayani dengan baik, dan pada gilirannya dapat menghadirkan keunggulan kompetitif dan membantu brand merealisasikan target bisnisnya berlandaskan peningkatan kepuasan pelanggan dan loyalitas jangka panjang," ucapnya.

CustomerAI menghadirkan pemahaman yang makin kaya dalam mengelola data dan memanfaatkannya secara lebih luas, serta pemahaman yang kian mendalam mengenai pelanggan. Berikut sejumlah inovasi yang diluncurkan oleh Twilio pada perhelatan SIGNAL 2023 meliputi:

Twilio luncurkan CustomerAI dengan kemampuan prediktif dan kecerdasan suara untuk memahami pelanggan lebih mendalam

Menghadapi persaingan yang lebih ketat saat ini, praktisi digital marketing perlu mengembangkan pendekatan baru yang mampu menarik, mengonversi, dan mempertahankan pelanggan utama mereka.

Kecerdasan buatan (AI) dan machine learning dapat membantu mengantisipasi dan merespons perilaku pelanggan di masa depan, namun model solusi yang efisien dan kompleks memerlukan data real-time dan keahlian tertentu dalam mengolah data.

CustomerAI Predictions dari Twilio menghadirkan kapabilitas AI prediktif yang mudah diakses oleh para praktisi digital marketing. Tanpa perlu bergantung pada tim teknis, pemasar digital sekarang bisa dengan mudah menetapkan target dalam meraup pelanggan potensial, menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan personalisasi interaksi multi kanal berdasarkan nilai rata-rata belanja pelanggan (lifetime value), meningkatkan peluang pembelian atau akuisisi atau sejumlah aktivitas lain yang semuanya bisa terlacak dengan baik di dalam solusi Segment.

Solusi ini mendapat dukungan data real-time yang terintegrasi pada Segment, yang berperan penting guna melatih model AI berkemampuan tinggi. Brand besar seperti Box menggunakan CustomerAI Predictions untuk menghemat waktu, meningkatkan kinerja kampanye marketing, dan membuka peluang pendapatan baru.