Find Us On Social Media :

Kolaborasi Cloudera, AWS Dorong Adopsi Enterprise Generative AI

By Liana Threestayanti, Selasa, 12 September 2023 | 18:30 WIB

Mendorong adopsi enterprise generative AI tepercaya, Cloudera teken perjanjian kolaborasi strategis dengan Amazon Web Services, Inc. (AWS).

Mendorong adopsi enterprise generative AI tepercaya, Cloudera teken perjanjian kolaborasi strategis dengan Amazon Web Services, Inc. (AWS). 

“Melalui kerja sama ini, Cloudera akan memanfaatkan layanan AWS untuk memberikan inovasi berkelanjutan dan biaya yang lebih rendah kepada pelanggan dengan Cloudera open data lakehouse di AWS untuk enterprise generative AI yang tepercaya,” tulis Cloudera dalam siaran persnya.

Cloudera menyebutkan pihaknya memilih AWS untuk menjalankan komponen-komponen paling penting dari Cloudera Data Platform (CDP), termasuk data yang bergerak (data in motion), data lake house, data warehouse, operational database, AI/machine learning, master data management, dan keamanan end-to-end.

Hal ini dapat membantu pelanggan untuk bermigrasi ke CDP di cloud dengan lebih cepat tanpa melakukan refactoring aplikasi mereka sekaligus mendukung penerapan hybrid. 

Selain itu, Cloudera telah merancang CDP agar dapat terintegrasi langsung dengan layanan AWS, termasuk Amazon Simple Storage Service (Amazon S3), Amazon Elastic Kubernetes Service (Amazon EKS), Amazon Relational Database Service (Amazon RDS), dan Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2). Dengan cara ini, pelanggan dapat memperoleh platform yang erat terintegrasi sehingga mengurangi biaya dan dapat menikmati inovasi terbaru dari AWS.

"Dengan integrasi hardware dan layanan AWS yang lebih ketat, pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik dengan keamanan dan tata kelola yang kuat, bersama dengan opsi pengurangan biaya untuk mendukung beban kerja analitik mereka yang paling penting," ujar Paul Codding, Executive Vice President of Product Management, Cloudera.

Sementara AWS akan berkolaborasi dengan Cloudera untuk mengembangkan manajemen data cloud native dan data analytic di AWS. Kerja sama juga dijalin kedua perusahaan untuk program pemasaran dan penjualan bersama untuk pelanggan.

"Cloudera telah memperkuat kolaborasi dengan AWS untuk pelanggan bersama (kami), sehingga mereka dapat memanfaatkan investasinya pada CDP dan mempercepat modernisasi ke cloud," kata Chris Grusz, General Manager, Technology Partnerships and Marketplace di AWS.

Ia menambahkan, Cloudera terus berinovasi pada AWS di seluruh platform data management-nya untuk menghadirkan data analytic dan insight yang nyata bagi para pelanggan.