Twilio baru-baru ini mengumumkan kerja samanya dengan OpenAI. Kerja sama kedua perusahaan itu dimaksudkan untuk menciptakan pengalaman layanan yang lebih personal dan berorientasi pelanggan berbasis OpenAI.
Melalui integrasi ini, pelanggan Twilio dapat memanfaatkan layanan Twilio Engage, solusi pemasaran multi-channel yang dibangun di atas Customer Data Platform Segment, yang kapabilitasnya telah ditingkatkan dengan model GPT-4 dari OpenAI.
Perpaduan antara layanan Twilio Segment dan Large Language Models, jenis algoritma AI (artificial intelligence) yang mempelajari data dalam jumlah besar dari OpenAI, akan menciptakan peluang-peluang baru bagi bisnis dengan membangun pemahaman yang mendalam terhadap masing-masing pelanggan mereka dalam setiap interaksi yang dilakukan.
"Kehadiran AI memungkinkan makin terjangkaunya biaya untuk penerapan kecerdasan. Ini membuka peluang baru bagi perusahaan-perusahaan dalam menghadirkan pengalaman yang makin personal bagi setiap pelanggannya,” kata Brad Lightcap, COO dari OpenAI.
"Oleh karena itu, kami bangga dapat bekerja sama dengan Twilio untuk memperkenalkan solusi ini kepada dunia. Customer Data Platform dari Twilio Segment memungkinkan Large Language Model, di masa kini maupun di masa depan, untuk menciptakan personalisasi mendalam dengan skala yang luas bagi setiap bisnis," ujar Brad lagi.
Teknologi ini merupakan bagian dari Twilio CustomerAI, yakni teknologi yang menggabungkan kekuatan prediktif dan generatif AI dengan volume data pelanggan yang masif pada Customer Engagement Platform milik Twilio.
Banyak perusahaan menyadari bahwa untuk memahami kebutuhan pelanggan, data yang terkumpul harus bisa dimanfaatkan dengan baik.
Namun, perusahaan seringkali mengalami kesulitan dalam melakukannya. Sering kali terjadi kendala dalam pemrosesan data (data pipeline). Format data juga terus berubah dengan cepat.
Ini tak pelak membuat tim data seringkali tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk memanfaatkan potensi data pelanggan yang mereka miliki.
Kehadiran AI membuka beragam peluang baru dalam bagaimana memiliki data yang terorganisir, bersih, dan siap diolah oleh AI sehingga menjadi informasi yang makin signifikan.
Customer Engagement Platform Twilio memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk mengoptimalkan pemanfaatan data mereka, membangun pemahaman tentang pelanggan mereka dengan Twilio Segment, dan kemudian mempergunakan pemahaman tersebut di seluruh pusat kontak mereka dengan Twilio Flex, menyelenggarakan kampanye pemasaran mereka dengan Twilio Engage, serta untuk produk mereka.
CustomerAI Twilio menghadirkan pemahaman yang lebih mendalam dan penerapan personalisasi pada segala hal yang berkenaan dengan setiap pelanggan mereka secara lebih baik di setiap titik interaksi.
"Tak bisa dipungkiri lagi bahwa Large Language Models akan menjadi gelombang inovasi berikutnya dalam penerapan model interaksi pelanggan," ujar Jeff Lawson, CEO Twilio.
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR