Find Us On Social Media :

Unik! Coca-Cola Luncurkan Produk Hasil Kerja Bareng Manusia dan AI

By Liana Threestayanti, Rabu, 13 September 2023 | 16:09 WIB

Coca-Cola meluncurkan produk minuman terbarunya, Coca-Cola Y3000. Minuman kemasan ini juga produk pertama hasil ko-kreasi manusia dan AI.

Coca-Cola meluncurkan produk minuman terbarunya, Coca-Cola Y3000. Bukan produk biasa, minuman kemasan ini sekaligus merupakan produk pertama hasil ko-kreasi manusia dan artificial intelligence (AI).

Minuman kemasan dengan varian rasa terbaru edisi terbatas ini diluncurkan di bawah platform Coca-Cola Creations. Y3000 Zero Sugar dan Full Sugar diluncurkan di pasar tertentu di seluruh dunia, dan kedua opsi ini tersedia di pasar Amerika Serikat. Menurut rencana, Coca-Cola juga akan meluncurkan satu lagi varian rasa Y3000 di tahun ini. 

Seperti produk minuman lain yang dirilis di bawah platform Creations, Y3000 juga tidak menampilkan profil rasa, seperti cola, ceri, atau vanilla. Tapi produk terbaru ini lebih menekankan pada suasana hati dan pengalaman. 

“Terinspirasi oleh Coca-Cola yang tak lekang oleh waktu, kami ingin merayakan gagasan semua orang tentang masa depan,” ucap Oana Vlad, Senior Director of Global Strategy, Coca-Cola dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Fooddive.com.

Oana menjelaskan, dengan teknologi yang ditenagai artificial intelligence, Coca-Cola Y3000 Zero Sugar memberikan gambaran rasa Coca-Cola dari masa depan dan memperkenalkan pengalaman inovatif untuk menjelajahi masa depan.

Y3000 diciptakan dengan menggabungkan kecerdasan manusia dan kecerdasan buatan. Proses ini untuk memahami bayangan orang tentang masa depan melalui emosi, aspirasi, warna dan rasa, serta faktor-faktor lainnya. Kemudian Coca Cola menggunakan perspektif konsumen dari seluruh dunia. dan menggabungkannya dengan wawasan yang dikumpulkan oleh AI, untuk menciptakan Y3000.

Produk ini mengusung kemasan dengan desain futuristik yang tampil ringan dan bernada optimistik, semata-mata untuk membuatnya menonjol di mata pembeli. Desain pada kemasannya juga merupakan hasil ko-kreasi desainer manusia dan AI. 

Menurut Coca-Cola, dengan memasangkan Coca-Cola Y3000 dan pengalaman berbasis AI, para penyuka minuman berkarbonasi ini akan memperoleh “perspektif yang tak terduga dan menarik” tentang tahun 3000 nanti. 

Untuk melengkapi pengalaman tentang masa depan ini, Coca-Cola bekerja dengan brand clothing asal Asia, Ambush, untuk menghadirkan  pakaian dan asesoris yang terinspirasi masa depan.

Mengenai Coca-Cola Creations, platform ini diresmikan tahun 2022 dan bertugas memayungi produk-produk signature Coca-Cola khususnya dalam rangka menarik minat konsumen usia muda. Sejauh ini, platform Creations telah meluncurkan tujuh jenis rasa minuman, di antaranya Coca-Cola Ultimate, Coca-Cola Starlight, Coca-Cola Move.

Lewat platform Creations, Coca-Cola tak sekadar menciptakan rasa baru tapi juga memantik komunikasi serta diskusi di kalangan konsumen muda yang menginginkan sesuatu yang baru.