Google mengembangkan alat terbaru yang SynthID yang mampu memerangi masalah deepfake yang semakin marak akibat kemajuan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.
Deepfake sendiri adalah gambar palsu yang dibuat oleh AI dan sulit membedakannya dengan gambar asli. SynthID adalah alat yang memasukkan "watermark" digital ke dalam gambar, tidak terlihat oleh mata manusia tetapi dapat dideteksi oleh komputer yang terlatih untuk membacanya.
Google mengklaim bahwa teknologi watermarking ini tahan terhadap gangguan, membantu mengawasi penyebaran gambar palsu dan melambatkan penyebaran disinformasi.
Meskipun generator gambar AI telah ada selama beberapa tahun dan digunakan untuk membuat deepfake, metode yang ada seperti logo pada gambar dan metadata belum cukup efektif karena dapat dipotong atau diedit dengan mudah.
SynthID saat ini hanya tersedia untuk beberapa pelanggan berbayar dari bisnis komputasi awan Google dan berfungsi hanya dengan gambar yang dibuat menggunakan alat pembuat gambar Google, Imagen.
Google menyatakan bahwa penggunaan alat ini masih dalam tahap percobaan, dan tujuannya adalah membantu mengidentifikasi gambar yang dibuat oleh AI dengan mudah.
Metode watermarking yang digunakan oleh Google adalah salah satu usaha perusahaan teknologi untuk mengurangi dampak negatif dari teknologi AI generatif yang semakin meluas.
Perusahaan-perusahaan teknologi lainnya juga berkomitmen untuk menciptakan alat untuk memberi tanda air dan mendeteksi teks, video, dan gambar yang dihasilkan oleh AI.
Microsoft, misalnya, telah bergabung dalam koalisi perusahaan teknologi dan perusahaan media untuk mengembangkan standar umum dalam memberi tanda air pada gambar AI.
Mereka juga sedang meneliti metode baru untuk melacak gambar AI dengan menempatkan tanda air kecil pada gambar yang dihasilkan oleh alat AI mereka.
Saat ini Google SynthID hanya tersedia untuk beberapa pelanggan berbayar dari bisnis komputasi awannya. Dan alat AI ini berfungsi dengan gambar yang dibuat dengan alat pembuat gambar Google, Imagen.
Perusahaan mengatakan tidak mengharuskan pelanggan untuk menggunakannya karena masih dalam tahap percobaan.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR