Find Us On Social Media :

Red Hat Bagikan Lima Cara Memanfaatkan AI Generatif untuk Bisnis

By Liana Threestayanti, Jumat, 15 September 2023 | 10:41 WIB

Sejak ChatGPT dirilis, AI generatif kian dilirik pelaku bisnis. Bagaimana AI generatif dapat dimanfaatkan sehinga bisnis makin laris manis?

Penulis: Adam Wealand, Principal Product Marketing Manager, Red Hat

[Redaksi] Sejak ChatGPT dirilis, generatif artificial intelligence (AI) atau AI generatif kian dilirik pelaku bisnis. Bagaimana AI generatif dapat dimanfaatkan sehingga bisnis makin laris manis?

Kemajuan pesat artificial intelligence (AI) menciptakan sebuah batasan baru dalam inovasi bisnis. Kemajuan signifikan pada daya komputasi, penyimpanan data, dan algoritma memungkinkan pengembangan sistem AI yang lebih mutakhir. 

Proses deployment software yang lebih baik, seperti containerization dan orkestrasi, akan memajukan penerapan AI dan machine learning (ML), baik dalam hal jangkauan maupun ruang lingkup. Sebagai contoh, kini pengembang dapat membangun, menyebarkan, dan mengelola beban kerja AI/ML secara scalable dan efisien dengan solusi-solusi yang tersedia secara umum, seperti Red Hat OpenShift Data Science dan NVIDIA AI-ready Enterprise Platform.

Semua peningkatan teknologi ini menjadikan AI lebih mudah diakses dan lebih praktis di berbagai bidang. Di antara beberapa jenis AI, AI generatif atau generative AI adalah katalis yang memberdayakan bisnis dalam menciptakan, melakukan iterasi, dan mengoptimalkan solusi untuk masalah-masalah kompleks. Ketertarikan yang semakin besar terhadap AI generatif memberikan peluang luar biasa untuk mengeksplorasi potensinya dan menawarkan insight untuk aplikasi bisnis yang transformatif.

Apa Itu AI Generatif?

AI generatif adalah cabang AI yang memungkinkan mesin untuk menciptakan konten orisinal, berupa gambar, teks, dan musik. Berbeda dengan sistem AI tradisional yang mengandalkan peraturan yang sudah ditentukan sebelumnya atau pola data yang sudah jelas, AI generatif memanfaatkan jaringan neural kompleks untuk belajar dari rangkaian data besar dan secara mandiri menghasilkan output. 

Apa yang dapat dilakukan generatif AI dalam aplikasinya di bisnis?

AI generatif menjanjikan kreativitas di berbagai industri. Bisnis bisa memanfaatkan AI generatif untuk meningkatkan kreativitas manusia dan mengakselerasi inovasi dengan mendorong efisiensi operasional, menciptakan kampanye pemasaran menarik, mendeteksi pemalsuan atau menghasilkan agen virtual yang realistis. 

Dengan aplikasi AI generatif dan data yang benar perusahaan bisa mengeksplorasi lebih banyak peluang, meminimalkan risiko, mengoptimalkan produksi, dan mengotomatisasi tugas, sehingga menghasilkan solusi terobosan dan penghematan biaya.

Pengalaman pelanggan yang terpersonalisasi

Personalisasi pelanggan adalah landasan bagi kesuksesan bisnis. Di sini, AI generatif dapat berperan penting dengan menganalisis data pelanggan dalam jumlah besar untuk membantu pemimpin bisnis memahami preferensi, perilaku, dan tren pelanggan.