Find Us On Social Media :

Google Dukung Update Software Produk Chromebook hingga 10 Tahun

By Adam Rizal, Senin, 18 September 2023 | 13:00 WIB

Laptop Google Chromebook

Google memperpanjang dukungan software Chromebook hingga 10 tahun sebagai bagian kebijakan perusahaan untuk mewujudkan produk ramah lingkungan dalam perangkat pintar mereka.

Sebagai catatan, produk chromebook yang mendapatkan dukungan software hingga 10 tahun adalah yang diproduksi usai tahun 2021.

Sedangkan, produk chromebook yang diproduksi sebelum tahun 2021 akan memiliki kesempatan untuk memperpanjang dukungan perangkat lunak melalui pembaruan otomatis.

Namun, perpanjangan dukungan ini tidak menjamin bahwa semua fitur baru akan berfungsi dengan baik di Chromebook.

Google pun telah menggandeng mitra vendor untuk memastikan kesinambungan dukungan perangkat lunak dalam rangka memastikan kompatibilitas dengan semua komponen perangkat keras seperti modem Wi-Fi, CPU, dan lainnya.

Selain fokus pada dukungan perangkat lunak, Google juga berkomitmen untuk meningkatkan kinerja layanan perbaikannya.

Hal ini khususnya penting karena Chromebook banyak digunakan di sektor pendidikan, di mana sekolah sering mengandalkan perangkat ini dan melakukan perbaikan secara internal.

Di Amerika Serikat (AS), sekitar 80 persen sekolah menawarkan perbaikan internal karena komponen Chromebook dapat dengan mudah ditemukan melalui Program Perbaikan Chromebook, yang memungkinkan perbaikan perangkat menjadi lebih cepat dan efisien.

Google juga berencana untuk menghadirkan pembaruan pertama dalam beberapa bulan mendatang, yang akan meningkatkan efisiensi energi perangkat Chromebook dengan mengimplementasikan fitur-fitur yang dapat memperpanjang masa pakai baterai dan mengurangi penggunaan energi yang boros.

Chromebook Buatan Indonesia

Chromebook C150

Pemerintah ngebet memproduksi perangkat Chromebook di dalam negeri. Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah resmi meluncurkan perangkat Chromebook dengan dukungan jaringan 4G LTE, pada Kamis (24/3/2022).