Find Us On Social Media :

Ini Modus-modus Kejahatan Siber yang Perlu Diwaspadai Pengguna DANA

By Liana Threestayanti, Rabu, 20 September 2023 | 16:00 WIB

Ilustrasi Aplikasi DANA.

Guna meningkatkan kewaspadaan dan mencegah kejahatan siber yang dapat merugikan pengguna platform digital, DANA membagikan modus-modus kejahatan siber yang perlu diwaspadai. 

Transaksi digital saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Selain karena tingkat  kepercayaan para penggunanya yang sudah semakin baik kemudahan dalam berhubungan dengan aktivitas transaksi keuangan sehari-hari juga menjadi alasan di balik peningkatan transaksi digital saat ini. 

Untuk meningkatkan kesuksesan dan kepercayaan pengguna agar beralih dari transaksi konvensional menjadi digital, faktor keamanan dalam fasilitas transaksi digital memiliki peranan penting. 

Pasalnya, seiring pesatnya perkembangan transaksi digital, jumlah kejahatan siber di Indonesia juga meningkat. Catatan statistik dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menunjukkan bahwa serangan siber di Indonesia mencapai angka 27 juta kasus per April 2023 lalu. Hal ini, menurut DANA, wajib menjadi kepedulian bersama baik oleh pelaku industri maupun masyarakat karena memberikan dampak yang merugikan banyak pihak. 

Inilah modus-modus kejahatan yang perlu diwaspadai oleh pengguna dalam menggunakan platform digital: 

Rekayasa Sosial Mengatasnamakan Customer Care DANA Palsu

Rekayasa sosial atau dikenal dengan social engineering, merupakan bentuk kejahatan siber yang seolah-seolah mengatasnamakan platform digital resmi. Aksi kejahata ini bertujuan mendapatkan akses ke platform digital dengan cara menipu calon korban untuk membagikan informasi rahasia untuk dapat mengakses platform digital, seperti informasi PIN dan Kode OTP (One Time Password). 

Contohnya, pelaku kejahatan kerap berpura-pura menjadi petugas layanan Customer Care DANA yang menghubungi calon korban melalui media sosial dan/atau WhatsApp untuk meminta data rahasia agar bisa terhubung ke layanan digital.

DANA mengimbau kepada seluruh pengguna untuk melaporkan apabila terdapat kendala yang ditemui saat menggunakan aplikasi DANA melalui DANA Customer Care resmi yang tersambung dalam beberapa layanan yang mudah dijangkau, yaitu layanan Asisten Digital DIANA di aplikasi DANA, atau lewat nomor resmi DANA Customer Care di nomor 1500 445, atau melalui email help@dana.id. 

DANA juga menganjurkan para pengguna untuk selalu memeriksa informasi tentang DANA dari media sosial DANA yang telah terverifikasi seperti @dana.id, @daysindana, @dana.finteach, dan DANA Indonesia (untuk Facebook). 

Phishing dengan Tautan Aplikasi hingga DANA Kaget Palsu

Teknik kejahatan lainnya yang kerap dilakukan para penjahat siber adalah penipuan berbalut hadiah menarik. Tren terhadap penipuan berbalut hadiah dapat juga dijumpai dari layanan DANA Kaget. Alih-alih mendapatkan hadiah menarik, pelaku kejahatan mengarahkan korban dengan tautan DANA Kaget palsu yang seolah-olah dihasilkan dari layanan DANA, tetapi berupa situs phishing.