Find Us On Social Media :

Chatbot AI Google Bard Diizinkan Akses Data Gmail dan Drive Pengguna

By Adam Rizal, Kamis, 21 September 2023 | 11:30 WIB

Ilustrasi Google Bard.

Google harus meningkatkan kemampuan chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan Bard untuk mampu bersaing dengan ChatGPT milik OpenAI.

Salah satunya Google harus terus menjejali Bard dengan data-data yang ada di Internet termasuk data penggunanya sendiri.

Baru-baru ini Google meluncurkan fitur terbaru 'Bard Extensions' yang memberikan akses kepada Bard untuk mengakses data-data dari layanan seperti Gmail, Drive, dan Docs untuk memberikan jawaban kepada pengguna.

Fitur ekstensi itu juga memungkinkan Bard terintegrasi dengan berbagai layanan dari Google Workspace, termasuk Gmail, Docs, Drive, Google Maps, YouTube, Google Flights, dan hotel.

"Integrasi fitur ini memungkinkan Bard memberikan respons yang lebih bermanfaat kepada pengguna dalam satu percakapan," kata Yury Pinsky (Direktur dan Manajemen Produk Bard) dalam sebuah posting di blog Google.

Contohnya, ketika seorang pengguna merencanakan perjalanan ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Bard Extensions memungkinkan pengguna memberikan akses ke data pribadi mereka seperti email, dokumen, dan lainnya kepada Bard.

Hal itu membuat pengguna dapat dengan mudah meminta Bard untuk menyusun rencana perjalanan, mencari informasi penerbangan dan hotel secara real-time, melihat petunjuk arah di Google Maps, dan bahkan menonton video YouTube tentang aktivitas di Labuan Bajo, semua dalam satu percakapan dengan Google Bard, tanpa perlu membuka banyak aplikasi di peramban web.

Selain itu, Bard juga dapat membantu pengguna dalam proses melamar pekerjaan baru dengan menyusun resume atau merangkum informasi dari Gmail, Docs, dan lainnya. Integrasi ini juga memungkinkan pengguna untuk meminta Bard menampilkan informasi dalam bentuk grafik atau ringkasan poin.

Saat ini fitur Bard Extensions hanya tersedia dalam bahasa Inggris, sehingga pengguna Indonesia perlu memberikan instruksi dalam bahasa Inggris untuk mengakses integrasi Google Bard dengan layanan seperti Gmail, Docs, Drive, YouTube, dan lainnya.

Tentang kekhawatiran privasi dan penggunaan data, Google menjelaskan bahwa Bard Extensions adalah fitur opsional. Pengguna akan diminta untuk mengaktifkan atau menonaktifkan integrasi dengan Gmail, Docs, dan Drive.

Google juga menjelaskan bahwa mereka berkomitmen untuk melindungi informasi pribadi pengguna dan tidak akan menggunakan data yang diakses melalui Bard Extensions untuk melatih model Bard secara publik atau melihatnya oleh manusia.

Google juga telah memperbarui tombol "Google It" untuk menunjukkan apakah jawaban yang diberikan oleh Bard adalah informasi yang valid atau tidak. Informasi yang diverifikasi oleh Google Search akan disorot dengan warna hijau, sementara yang belum terverifikasi akan disorot dengan warna oranye.